Kompas.com - 08/10/2021, 14:52 WIB
Ilustrasi peran Indonesia di ASEAN di bidang politik freepik.comIlustrasi peran Indonesia di ASEAN di bidang politik

KOMPAS.com – Indonesia tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN melakukan kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk politik. Apa peran indonesia dalam ASEAN di bidang politik? 

Indonesia sebagai salah satu negara pendiri ASEAN

Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN. ASEAN resmi didirikan sejak ditandatanganinya Deklarasi ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima negara pendiri.

Dilansir dari situs resmi ASEAN, lima menteri luar negeri yang menandatangani adalah Adam Malik dari Indonesia, Narcisco R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Indonesia sebagai lokasi kantor sekretariat ASEAN

Disadur dari Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia tenggara (ASEAN) mengenai Ketuanrumahan dan Pemberian Keistimewaan dan Kekebalan kepada Sekretariat ASEAN Pasal 1 butir 16 menyebutkan bahwa:

“Sekretariat" adalah Sekretariat tetap untuk ASEAB yang didirikan berdasarkan Persetujuan mengenai Pendirian Sekretaria ASEAN yang ditandatangani pada 24 Februari 1967. Lokasi Sekretariat adalah di Jalan Sisingamangaraja No. 70A, Kebayoran Baru, Jakarta 1211 sebagaimana ditunjukkan dalam Lampiran 1, yang dapat dipihdahkan ke lokasi lain apa bisa disepakati oleh Para Pihak.

Baca juga: Tujuan dan Bentuk Kerja Sama ASEAN Bidang Ekonomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indonesia mengagas pembentukan ASEAN Security Community (ASC)

Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda menggagas ide pembentukan ASC pada bulan Juni tahun 2003.

Rizal Sukma dalam jurnal The Future of ASEAN: Towards a Security Community (2003) menyebutkan bahwa melalui ASC Indonesia berharap mendapatkan peran strategis sebagai pusat yang strategis di ASEAN dan sentralitas diplomatis di komunitas internasional.

Dari gagasan ASC tersebut, kemudian lahirlah tiga buah pilar komunitas ASEAN yaitu:

  1. ASEAN Political and Security Community merupakan kerja sama ASEAN di bidang politik dan keamanan
  2. ASEAN Social and Culture Community yakni kerja sama ASEAN di bidang sosial dan budaya
  3. ASEAN Economic Community yaitu kerja sama ASEAN di bidang ekonomi.

Indonesia meningkatkan demokrasi ASEAN

Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar di ASEAN yang berperan meningkatkan demokrasi antaranggota ASEAN.

Baca juga: Manfaat Kerja Sama Sosial Budaya Bagi Negara Asean

Hal ini dibuktikan dengan peran Indonesia sebagai penengah konflik antara negara di ASEAN yang menjunjung tinggi demokrasi juga penegakan hak asasi manusia.

Indonesia berperan dalam ASEAN Political and Security Community (APSC) Blueprint
Indonesia adalah salah satu pelopor APSC Blueprint atau cetak biru APSC.

Dilansir dari situs resmi ASEAN, cetak biru APSC mendukung perwujudan komunitas ASEAN yang berbasis aturan dengan nilai dan norma bersama, kawasan yang kohesif , damai, stabil, dan tangguh, tanggung jawab bersama untuk keamanan yang komprehensif, serta kawasan yang dinamis dan berwawasan.

Indonesia bekerja sama menanggulangi narkotika dan obat-obatan terlarang

Indonesia bekerja sama dengan negara ASEAN lainnya untuk menanggulangi penggunaan narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang lainnya dengan menandatangani Deklarasi ASEAN Bebas Narkoba (A Drug-Free ASEAN Declaration).

Dalam perjanjian tersebut dituliskan bahwa penyalahgunaan narkoba dapat membahayakan tatan moral masyarakat.

Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Perdagangan obat-obatan terlarang juga berkaitan erat dengan kejahatan transnasional seperti pencucian uang dan penyelundupan senjata yang dapat menimbulkan ancaman politik dan keamanan serius.

Maka dari itu, Indonesia dan negara-negara lainnya di ASEAN bekerja sama untuk meningkatkan sumber daya manusia dan membantu mengekang peredaran gelap, produksi dan peredaran narkoba, penegakan hukum, rehabilitasu, pencegahan, dan penyuluhan narkoba kepada masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber ASEAN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.