Kompas.com - 05/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi orang bekerja freepik.com/ DCStudioIlustrasi orang bekerja

KOMPAS.com - Orang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Saat bekerja, orang akan mendapat uang atau penghasilan atau gaji yang kemudian digunakan untuk membeli apa yang dibutuhkannya.

Dalam jurnal Pengaruh Ibu Bekerja dan Peran Ayah dalam Coparenting terhadap Prestasi Belajar Anak (2008) oleh Siti Nurhidayah, bekerja adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk mencari uang atau mata pencarian.

Tanpa bekerja, orang akan kesulitan untuk mendapat uang dan memenuhi kebutuhan hidup. Bisa dikatakan bekerja mejadi suatu hal wajib yang harus dilakukan setiap manusia.

Mengapa orang harus bekerja? Apa manfaat yang diperoleh dari pekerjaan itu?

Baca juga: Ketenagakerjaan: Pengertian, kelompok dan Klasifikasi tenaga kerja

Alasan orang harus bekerja

Menurut Opan Arifudin dalam jurnal Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Global Media (2019), manusia memiliki banyak kebutuhan dalam hidupnya, seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut, manusia harus bekerja. Karena dengan bekerja, orang akan mendapat imbalan berupa gaji atau penghasilan.

Selain untuk mencari penghasilan, orang juga harus bekerja untuk mencari pengetahuan dan pengalaman. Kedua hal ini akan sangat bermanfaat bagi manusia, karena turut menambah kemampuan yang dimilikinya.

Manfaat yang diperoleh dari bekerja

Berikut beberapa manfaat dari bekerja:

  • Dapat memenuhi kebutuhan hidup

Manfaat utama dari bekerja adalah mendapat uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan mendapat uang, seseorang dapat hidup sejahtera dan terhindar dari kemiskinan.

  • Menambah hubungan pertemanan

Bekerja juga bermanfaat untuk menambah relasi atau hubungan dengan orang lain. Artinya ketika seseorang bekerja, mereka lebih mudah bergaul dan berteman, sehingga hubungan sosialnya semakin luas.

Baca juga: Hubungan Tenaga Kerja dengan Perekonomian Sebuah Negara

  • Meningkatkan produktivitas

Produktivitas adalah kemampuan menghasilkan suatu hal. Saat bekerja, produktivitas seseorang cenderung meningkat. Karena manusia didorong untuk menghasilkan karya atau hasil kerja yang baik.

  • Belajar cara menyelesaikan masalah

Manfaat lain dari bekerja adalah melatih diri untuk belajar cara menyelesaikan masalah. Terkadang dalam bekerja, seseorang menemui kendala atau masalah. Dalam hal ini, manusia dilatih untuk mampu berpikir dan menyelesaikan masalah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.