Kompas.com - 05/10/2021, 15:00 WIB
Foto udara kawasan terdampak banjir di perumahan kawasan Balai Kota, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019). Tingginya intensitas hujan dua hari terakhir serta meluapnya volume sungai Bengkulu mengakibatkan banjir setinggi 100-175 cm di sejumlah titik rawan banjir di kota dan kabupaten se-provinsi Bengkulu di antaranya Bengkulu Selatan, Kepahyang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara, Muko-Muko, dan Seluma. ANTARA FOTO/DAVID MUHARMANSYAHFoto udara kawasan terdampak banjir di perumahan kawasan Balai Kota, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019). Tingginya intensitas hujan dua hari terakhir serta meluapnya volume sungai Bengkulu mengakibatkan banjir setinggi 100-175 cm di sejumlah titik rawan banjir di kota dan kabupaten se-provinsi Bengkulu di antaranya Bengkulu Selatan, Kepahyang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara, Muko-Muko, dan Seluma.

KOMPAS.com - Bencana alam dapat disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor alam dan faktor manusia. Persamaan antar keduanya terletak pada efek atau dampak yang ditimbulkan.

Menurut Dian Wulansari dan kawan-kawan dalam jurnal Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Manajemen Bencana (2017), bencana alam adalah fenomena yang terjadi di permukaan bumi dan tidak dapat dihindari.

Syaiful Khafid dalam jurnal Pemahaman Fenomena Bencana Alam melalui Metode Studi Lapangan dalam Geografi Fisik sebagai Unifying Geography (2016), menuliskan bahwa berdasarkan penyebabnya, bencana alam dibagi menjadi dua, yakni yang disebabkan oleh alam serta perilaku manusia.

Bencana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia berarti tindakan atau aktivitas yang dilakukan manusia dapat menimbulkan bencana atau dampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup lain.

Sebagai sebuah fenomena, bencana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia dapat terjadi di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Apa saja bencana alam di dataran tinggi dan dataran rendah yang disebabkan oleh perilaku manusia?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jenis-jenis Bencana Alam, Nonalam dan Sosial

Bencana alam di dataran tinggi

Berikut bencana alam di dataran tinggi yang disebabkan oleh perilaku manusia, yaitu: 

  • Tanah longsor

Bencana alam ini terjadi karena perilaku manusia yang suka menebang pohon sembarangan. Akar pohon diperlukan untuk menahan air. Apabila pohon terus ditebang, bencana alam berupa tanah longsor tidak dapat dihindari.

  • Kebakaran hutan

Kebakaran hutan termasuk bencana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia. Bencana ini bisa terjadi di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Kebakaran hutan terjadi karena ulah manusia yang suka membakar lahan atau pohon.

Bencana alam di dataran rendah

Berikut bencana alam di dataran rendah yang disebabkan oleh perilaku manusia, yakni:

  • Banjir

Banjir menjadi bencana alam yang sering terjadi di kawasan dataran rendah. Bencana alam ini disebabkan oleh perilaku manusia yang suka menebang pohon dan membuang sampah sembarangan, misalnya ke sungai atau selokan.

Baca juga: Bencana Alam: Jenis, Penyebab dan Penanggulangannya

  • Kekeringan

Bencana alam ini awalnya disebabkan oleh musim kemarau panjang atau faktor alam. Namun, ternyata perilaku manusia juga turut menjadi penyebab terjadinya kekeringan.

Perilaku dan aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan menimbulkan perubahan iklim, yang mana salah satu dampaknya adalah kekeringan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.