Kompas.com - 02/10/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi tanaman bambu freepik.comIlustrasi tanaman bambu

KOMPAS.com – Pernahkah kamu datang ke suatu tempat yang memiliki pohon bambu? Perhatikan berapa tinggi pohon tersebut, dan kembalilah lagi ke tempat itu dalam satu bulan.

Kamu mungkin akan terkejut bahwa pohon bambu tersebut telah tumbuh lebat dan tinggi hanya dalam waktu satu bulan.

Tidak mengherankan, pohon bambu adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat di dunia. Ada lebih dari 1500 spesies bambu di dunia, masing-masing memiliki laju pertumbuhan yang berbeda.

Tumbuh 15 sentimeter per hari

M. Aminuddin dan M. Abd. Latif dalam jurnal Bamboo in Malaysia: Past, Present and Future Research (2001) menyebutkan bahwa rata-rata bambu dapat tumbuh sekitar 15 hingga 18 sentimeter per hari dan menumbuhkan 10 hingga 20 batang baru setiap tahunnya.

Jika satu hari saja bisa bertambah tinggi 15 sentimeter, bayangkan pertumbuhannya dalam satu tahun. Cepatnya laju pertumbuhan bambu merupakan hasil evolusi terhadap lingkunganya.

Baca juga: Kandungan Kimia Jagung dan Manfaatnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambu biasanya tumbuh di hutan yang lebat, di mana cahaya matahari tertutup pepohonan tinggi dan hanya sedikit sekali yang mencapai tanah. Sehingga bambu tumbuh dengan cepat untuk menjadi tinggi dan mendapat lebih banyak sinar matahari.

Dilansir dari Science Focus, bambu tumbuh dengan diamter yang konstan, bambu tidak membuang energi untuk menembalkan batangnya. Tumbuhan bambu memfokuskan energinya pada pertumbuhan batang (tumbuh lurus ke atas) dan akarnya yang kuat dan rapat.

Menurut A. Lee dalam Selected Physical and Mechanical Properties of Giant Timber Bamboo Grown in South Carolina (1994), bambu mencapai usia kematangandalam waktu sekitar 3 hingga 5 tahun saja.

Adapun pohon biasanya mencapai usia matang setelah 20 hingga 100 tahun, artinya bambu tumbuh cepat dibanding tanaman lain di planet ini.

Bambu Moso

Spesies tanaman bambu yang tumbuh paling cepat adalah bambu moso dengan nama latin Phyllostachys edulis. Bambu moso memiliki laju pertumbuhan mencapai 91 sentimeter per hari dan dapat tumbuh tinggi lebih dari 20 meter.

Tahukah kamu, bahwa memotong batang bambu dapat merangsang pertumbuhannya? Disadur dari One Tree Planted, batang bambu yang dipotong tidak memulihkan dirinya, melainkan membuka daun baru dan mengirim energi ke akar untuk mendorong pertumbuhan tunas baru.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Menetralkan Obat?

Sehingga semakin banyak bambu yang dipananen, akan semakin banyak juga tunas bambu yang tumbuh kembali. Pertumbuhan yang luas biasa ini membuat bambu menjadi material yang banyak tersedia di alam.

Bambu bisa dimanfaatkan oleh manusia karena sangatlah kuat, kekuatannya setara dengan baja, besi, juga beton. Walaupun sangat kuat, bambu sangatlah ringan dan elastis, bambu bahkan tahan terhadap kobaran api.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.