Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 02/10/2021, 16:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.comTahukah kamu, bahwa teh hijau adalah salah satu minuman yang paling sehat di dunia. Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Teh hijau juga disebutkan baik untuk diet. Apakah teh hijau bisa menurunkan berat badan? Jawabannya adalah ya, mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan.

Membakar sel lemak

Teh hijau mengandung kefein dan juga antioksida kuat yang dinamakan katekin. M. S. Westerterp-Plantenga dalam jurnal Green tea Catechins, Caffeine and Body-weight Regulation (2010) menyebutkan bahwa katekin dan kafein mengambat dua enzim yang menganggu hormon norepinefrin.

Sehingga hormon norepinefrin yang merupakan hormon pembakaran lemak meningkat. Hormon norepinefrin kemudian meningkatkan penggunaan energi sehingga meningkatkan pembakaran lemak. Katekin juga berperan meningkatkan produksi panas tubuh dengan cara memecah lemak.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan katekin dan kafein dalam teh hijau dapat membakar lemak sehingga mempercepat metabolisme tubuh. Mengonsumsi teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh ketika seseorang berolah raga.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Menetralkan Obat?

Michelle C. Venables dan teman-teman dalam jurnal Green Tea Extract Ingestion, Fat Oxidation, and Glucose Tolerance in Healthy Humans (2008) mengatakan bahwa konsumsi teh hijau, secara akut meningkatkan oksidasi lemak selama latihan dengan cara meningkatkan lipolisis (pemecahan lemak untuk menghasilkan energi bagi otot).

Sehingga mengonsumsi teh hijau sebelum berolah raga, berkhasiat meningkatkan metabolisme lemak. Mengakibatkan jauh lebih banyak lemak yang dibakar daripada tidak mengonsumsi teh hijau.

Menurunkan lemak perut

Lemak perut atau lemak viseral adalah jenis lemak yang berada di bawah kulit perut, sulit dihilangkan, dan berbahaya bagi kesehatan.

Lemak perut yang menumpuk dapat meningkatkan potensi penyakit berat seperti jantung dan diabetes tipe dua.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi teh hijau menunjukkan penurunan presentasi lemak viseral secara signifikan.

Sehingga mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa mengecilkan lemak perut yang menumpuk dan mengurangi resiko penyakit yang datang bersamanya.

Baca juga: Benarkah Air Kelapa Bisa Jadi Penawar Racun?

Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi teh hijau membantu menurunkan berat badan dengan cara memecah lemak tubuh.

Namun, konsumsi teh hijau juga harus dibarengi dengan cara hidup sehat, agar efeknya terasa bagi kesehatan tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com