Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan tanpa Oksigen?

Kompas.com - 02/10/2021, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oksigen dibutuhkan manusia untuk bernapas. Jika tidak bernapas, otak manusia akan mengalami kerusakan, dan akhirnya meninggal.

Manusia bisa bertahan hidup tanpa makan selama beberapa hari atau minggu, dan tanpa minum air maksimal tujuh hari tergantung kondisi. Namun, manusia hanya mampu bertahan hidup selama hitungan menit tanpa oksigen.

Hasil riset menunjukkan bahwa manusia hanya dapat bertahan hidup selama tiga hingga empat menit tanpa oksigen atau bernapas. Lewat dari empat menit tanpa oksigen, otak manusia mulai berhenti bekerja.

Dampak manusia tidak menghirup oksigen

Apa dampaknya bagi otak manusia jika tidak menghirup oksigen? Melansir dari situs University of Michigan, pada menit pertama sejak seseorang tidak menghirup oksigen, sel di otak secara perlahan mulai mati.

Pada menit awal, langkah-langkah penyelamatan masih sangat mungkin dilakukan. Saat masuk menit ketiga, kerusakan serius mulai terjadi pada otak.

Baca juga: Apakah Benar Air Liur Bisa Menyembuhkan Luka?

Pada menit-menit selanjutnya hingga 15 menit setelah manusia tidak mendapat pasokan oksigen, kerusakan otak yang sangat serius akan terjadi. Pada tahap ini, langkah-langkah penyelamatan sudah tidak mungkin dilakukan.

Adaptasi fisik

Adaptasi fisik memengaruhi kemampuan manusia menghirup oksigen. Dalam situs Medical Daily, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sangat mungkin sejumlah orang mampu bertahan hidup tanpa bernapas atau menghirup oksigen selama lebih dari tiga atau empat menit.

Contohnya nelayan Brasil yang mampu menahan napasnya cukup lama saat berada di dalam air. Setelah diketahui ternyata paru-paru yang dimiliki mereka jauh lebih besar dibanding orang yang tinggal di permukaan atau daratan lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com