Kompas.com - 30/09/2021, 12:45 WIB
Hutan mangrove di Desa Torosiaje yang dikelola masyarakat tumbuh lestari. Kawasan ini diusulkan Pemerinrah Provinsi Sebagai Kawasan Ekosistem Esensial KOMPAS.COM/ROSYID AZHARHutan mangrove di Desa Torosiaje yang dikelola masyarakat tumbuh lestari. Kawasan ini diusulkan Pemerinrah Provinsi Sebagai Kawasan Ekosistem Esensial

KOMPAS.com - Hutan bakau sangat berperan penting untuk menjaga keseimbangan alam. Hutan bakau atau hutan mangrove juga bermanfaat untuk menjaga kelangsungan ekosistem laut dan makhluk hidup di sekitarnya.

Menurut Sukirman Rahim dan kawan-kawan, dalam buku Hutan Mangrove dan Pemanfaatannya (2017), hutan mangrove atau hutan bakau adalah jenis pohon yang tumbuh di sepanjang pantai, dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Peran hutan bakau dalam menjaga keseimbangan alam

Dalam jurnal Pemanfaatan Hutan Mangrove sebagai Penyimpan Karbon (2012) karya Hery Purnobasuki, hutan bakau sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam dan ekosistem di sekitarnya.

Hutan bakau menjaga keseimbangan alam dengan cara sebagai berikut:

  • Mencegah terjadinya abrasi

Akar pohon bakau yang kuat menjadi penghalang banjir atau gelombang air laut. Ketika gelombang air laut datang, pohon bakau menahan sekuat mungkin agar airnya tidak langsung mengenai kawasan pantai, sehingga dampak abrasi bisa dikurangi.

Baca juga: Dampak Hutan Gundul Bagi Lingkungan dan Masyarakat

  • Tempat hidup hewan laut

Dikutip dari buku Skenario Berkelanjutan Pengelolaan Hutan Mangrove: Studi Kajian di Mangrove Center Graha Indah Balikpapan (2020) karya Eddy Elminsyah Jaya, hutan bakau berperan sebagai penjaga keseimbangan biota laut dan darat

Hutan mangrove merupakan tempat pertumbuhan udang, pergantian kulit kepiting, tempat penyimpanan benih, dan lain sebagainya. Dengan menjadikan hutan bakau sebagai tempat hidup satwa, hal ini turut berperan dalam menjaga keseimbangan alam.

  • Menciptakan udara bersih dan segar

Sama seperti jenis pohon pada umumnya, hutan bakau juga memberi udara bersih dan segar bagi makhluk hidup sekitarnya. Hutan mangrove menyimpan kandungan karbon dioksida dalam tubuhnya, dan sebagai gantinya mereka memberi udara yang lebih bersih dan segar.

  • Mengurangi tingkat pencemaran

Peran lain hutan bakau dalam menjaga keseimbangan alam adalah mengurangi tingkat pencemaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hutan mangrove mampu mengumpulkan kandungan senyawa logam di kawasan sekitar pantai.

Setelah dikumpulkan, kandungan tersebut dijadikan alternatif perlindungan perairan terhadap pencemaran. Akar pohon bakau juga mampu menyaring segala bentuk pencemaran di daerah pantai.

Baca juga: Cara Agar tidak Terjadi Hutan Gundul

Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam?

Menjaga keseimbangan alam berarti berupaya keras untuk menciptakan kondisi yang seimbang antara lingkungan dan makhluk hidup.

Dalam hal ini, hutan bakau menjaga keseimbangan alam berarti hutan mangrove hadir untuk menyeimbangkan kondisi lingkungan sekitarnya dengan makhluk hidup.

Hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam dengan mencegah terjadinya abrasi, sebagai tempat hidup hewan laut, memberikan udara bersih dan segar, serta mengurangi tingkat pencemaran di kawasan sekitar pantai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.