Kompas.com - 27/09/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi miniatur freepik.com/jcompIlustrasi miniatur

KOMPAS.com – Pernahkah kamu melihat benda tiruan yang lebih kecil dari benda aslinya? Misalkan tiruan Monumen Nasional, tiruan landskap pegunungan, maupun tiruan suatu bangunan. Tiruan sesuatu dalam skala yang diperkecil atau sesuatu yang kecil disebut miniatur.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), miniatur adalah tiruan sesuatu dalam skala yang diperkecil dan sesuatu yang kecil.

Adapun menurut M. Susanto dalam bukunya Diksi Seni Rupa (2002), miniatur adalah maket, replika, prototype, dan model skala serta aneka ragam bentuk karya seni rupa yang dibuat dengan ukuran kecil.

Sehingga dapat dikatakan miniatur adalah tiruan tiga dimensi suatu benda dengan skala yang lebih kecil. Miniatur memberikan gambaran fisik suatu benda tanpa harus melihat bendanya secara langsung.

Baca juga: Contoh Seni Rupa Terapan

Jenis bentuk miniatur

Jenis bentuk miniatur dibagi menjadi dua, yaitu maket dan diorama. Brikut penjelasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maket

Menurut Sachari dan Trisnawati dalam Catatan Kuliah Kamus Desain (1998), maket adalah miniatur berskala yang dibuat dengan bahan yang mudah didapat seperti karton, tripleks, atau kayu balsa. Maket biasa digunakan di bidang arsitektur dengan tujuan memperjelas konsep kerja.

Misalnya seorang arsitek ingin merancang suatu gedung pencakar langit untuk dibangun. Maket dibuat persis seperti rancangan gedung tersebut namun dalam skala yang jauh lebih kecil.

Sehingga maket membantu arsitek untuk memberikan gambaran yang jelas akan apa yang akan dikerjakannya.

Contoh maket adalah miniatur rumah tinggal, hotel, gedung, sarana olahraga, peswat terbang, jembatan, dan berbagai keperluan rekayasa teknik sipil serta arsitektur.

Baca juga: Pengertian Bentuk Geometris dan Non-Geometris pada Seni Rupa

Diorama

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diorama adalah sajian pemandangan dalam ukuran kecil yang dilengkapi dengan patung dan perincian lingkungan seperti aslinya serta dipadukan dengan latar yang berwarna alami.

Diorama hampir mirip dengan maket, bedanya diorama menggambarkan suatu peristiwa, kejadian, ataupun karakter suatu tokoh. Menurut Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto dalam buku Media Pembelajaran (2013) diorama lebih hidup dibandingkan dengan maket.

Diorama dapat menggambarkan tentang suatu peristiwa sejarah, pemandangan alam, kegiatan manusia, ataupun seorang tokoh. Sehingga diorama sering kali dijumpai di museum untuk menggambarkan dengan lebih nyata tentang suatu sejarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber KBBI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.