Kompas.com - 22/09/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi membuang sampah sembarangan freepik.com/brgfxIlustrasi membuang sampah sembarangan

KOMPAS.comMembuang sampah sembarangan tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Bisa dikatakan, kebiasaan membuang sampah sembarangan merupakan bentuk tindakan mengambil hak orang lain.

Dalam buku Penanganan dan Pengolahan Sampah (2008) karya Rudi Hartono, sampah adalah material sisa yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Contohnya bungkus makanan, plastik, kertas, dan masih banyak lagi.

Membuang sampah sembarangan adalah perilaku atau kebiasaan membuang material sisa berupa sampah ke tempat yang tidak seharusnya atau sembarangan. Contohnya membuang sampah di tepi jalan dan sungai.

Mengambil hak orang lain

Dikutip dari jurnal Aktualisasi Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Penegakan Hukum Lingkungan (2017) karya A.A. Putu Wiwik Sugiantari, mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat merupakan hak setiap manusia.

Disadari atau tidak, kebiasaan membuang sampah sembarangan termasuk tindakan mengambil hak orang lain. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak adalah milik, kepunyaan, atau kewenangan seseorang.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Kita terhadap Tumbuhan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hal membuang sampah sembarangan, secara tidak langsung seseorang telah mengambil hak orang lain. Alasannya karena seperti yang disebutkan di atas, tiap manusia punya hak untuk mendapatkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Ketika seseorang atau sekelompok orang membuang sampah sembarangan, hal ini menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan tidak indah. Tanpa disadari, membuang sampah sembarangan sudah merebut atau mengambil hak orang lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.