Kompas.com - 22/09/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi cara mencintai lingkungan freepik.com/rawpixel.comIlustrasi cara mencintai lingkungan

KOMPAS.com - Sikap mencintai lingkungan harus ditanamkan sejak dini. Agar nantinya terbiasa menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan hidup.

Mencintai lingkungan merupakan sikap yang mencerminkan rasa cinta atau sayang terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Menurut Lilis Endang Sunarsih dalam buku Penanggulangan Limbah (2018), orang yang memiliki sikap cinta lingkungan akan melakukan sesuatu demi menjaga lingkungannya.

Sikap cinta lingkungan bisa diwujudkan lewat perbuatan atau aktivitas yang mendukung kelestarian, dan bukannya merusak lingkungan. Sikap ini hendaknya ditumbuhkan dalam diri setiap manusia dan diterapkan secara berkelanjutan.

Cara mencintai lingkungan 

Dalam jurnal Pembiasaan Sikap Cinta Lingkungan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Ketapang (2013) karya Novita sari dan teman-teman, mencintai lingkungan adalah sikap menjaga, merawat, melestarikan flora dan fauna, beserta kekayaan alam.

Bagaimana cara kita mencintai lingkungan? Pada intinya kita bisa mencintai lingkungan dengan senantiasa merawat, menjaga, serta melestarikan lingkungan hidup di sekitar kita.

Mencintai lingkungan juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, serta tidak membiarkannya rusak atau kotor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penjelasan Interaksi Sosial dan Lingkungan Alam

Contoh mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ini beberapa contoh sikap mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Menanam pohon atau tanaman di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Mencintai lingkungan bisa dilakukan dengan menanam pohon atau tanaman di lingkungan sekitar kita. Pohon atau tanaman ini akan membantu lingkungan kita tetap asri dan lestari.

  • Merawat tanaman setiap hari.

Selain menanamnya, kita juga harus merawat tanaman atau pohon tersebut. Cara merawatnya adalah dengan memberi pupuk dan menyiraminya setiap hari.

  • Menghemat penggunaan air.

Menghemat air merupakan contoh sikap mencintai lingkungan. Menghemat air berarti menggunakan air dengan bijak. Contohnya mematikan keran setelah tidak digunakan.

  • Membuang sampah pada tempatnya.

Agar lingkungan tetap bersih dan asri, kita harus membuang sampah pada tempatnya. Kita tidak boleh membuang sampah di sembarang tempat, karena akan membuat lingkungan kotor dan tidak sehat.

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

  • Menghemat penggunaan kertas.

Contoh lain sikap mencintai lingkungan adalah menghemat penggunaan kertas. Gunakan kertas seperlunya, karena kertas yang kita gunakan berasal dari pohon. Jika boros menggunakan kertas maka akan semakin banyak pohon yang harus dikorbankan.

Selain contoh di atas, menghemat penggunaan listrik juga termasuk cara mencintai lingkungan yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.