Kompas.com - 22/09/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi cara menulis judul berita KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi cara menulis judul berita
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Suatu berita ditulis dengan struktur yang terdiri dari judul, teras, dan juga tubuh. Judul berita merupakan hal yang penting, karena merupakan hal yang pertama dibaca oleh pembaca. Judul berita yang baik ditulis dengan memenuhi syarat-syarat judul yang baik.

    Menurut H. Sumadiria dalam buku Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature (2011) syarat-syarat judul yang baik adalah provokatif, singkat dan padat, relevan, fungsional, formal, representatif, merujuk bahasa baku, dan spesifik.

    Berikut penjelasan syarat cara menulis judul berita yang baik, yaitu: 

    • Provokatif

    Daniela Zambarbieri dalam jurnal berjudul Eye Tracking Analysis in Reading Online Newspaper (1995) menyebutkan bahwa judul berita bertindak sebagai penarik perhatian agar pengunjung mau membukanya.

    Sehingga judul berita harus ditulis secara menarik perhatian sehingga membuat pembaca ingin mengetahui isi dari berita tersebut.

    Baca juga: Contoh Kalimat Iklan Menyatakan Keunggulan Produk

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Singkat dan padat

    Judul berita yang baik ditulis dengan kalimat singkat dan logis berdasarkan ciri-ciri bahasa jurnalistik. H. Sumadiria dalam buku Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature (2011) menyebutkan ciri-ciri bahasa jurnalistik adalah singkat, padat, sederhana, lugas, menarik, dan jelas.

    Sehingga judul harus ditulis dalam kalimat yang tidak bertele-tele, tidak rumit, tidak ambigu, mudah dipahami, namun tetap merepresentasikan isi berita

    • Relevan

    Judul berita harus relevan, artinya harus berkaitan dengan tema dari berita tersebut. Judul yang revelan adalah judul yang bisa dipercaya, menarik perhatian namun tetap bersifat menimbulkan prasangka, dan sesuai dengan fakta tema berita.

    • Fungsional

    Juwito dalam buku berjudul Menulis Berita dan Feature’s (2008) menyebutkan judul yang fungsional artinya setiap kata yang terdapat pada judul bersifat mandiri, berdiri sendiri, tidak bergantung pada kata yang lain, serta memiliki arti yang tegas dan jelas.

    Baca juga: Pelesapan Kalimat: Definisi, Kriteria, Tipe, dan Contohnya

    • Formal

    Judul berita harus bersifat formal atau resmi yang langsung menyinggung pokok permasalahan. Artinya judul berita ditulis berdasarkan fakta yang tegas dan aktual, bukan berdasarkan hal informal seperti perasaan.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.