Kompas.com - 11/09/2021, 11:00 WIB
Mata Air Glavas: Sungai paling indah berbentuk mata biru raksasa di Benua Eropa. pinterest.com/allesoverkroatie.nlMata Air Glavas: Sungai paling indah berbentuk mata biru raksasa di Benua Eropa.
Daftar Isi
Buka

KOMPAS.com – Pernahkah kamu mendengar istilah the eye of the earth atau mata bumi? Istilah tersebut tidak benar-benar berarti mata dari bumi, melainkan merujuk pada suatu sumber air di Kroasia yang bernama mata air Glavas.

Dilansir dari Croatian National Tourist Board, mata air glavas terletak di gunung tertinggi Kroasia yaitu Dinara, sekitar 30 kilometer dari sumber Sungai Krka (Taman Nasional Kroasia).

Mata air Glavas adalah sumber air paling melimpah dan paling bersih, paling kaya air, dan paling panjang di Dalmatia Kroasia, yaitu sungai Cetina.

Mata air Glavas adalah cekungan berbentuk oval menyerupai mata. Disadur dari Unusual Place, cekungan mata air Glavas memiliki kedalaman lebih dari 490 kaki atau sekitar 150 meter.

Saking jernihnya, mata air Glavas memantulkan warna biru dari langit. Membuatnya terlihat seperti mata raksasa berwarna biru yang sangat indah.

Semakin dalam, semakin pekat warna biru dari mata air Glavas. Memberikan kengerian dan juga keindahan yang luar biasa sehingga diberikan julukan the eye of the earth. Pemandangan tersebut tidak hanya bisa dilihat, namun juga kita bisa berenang di mata air glavas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Negara yang Dilewati Sungai Mekong

Sungai terbersih

Dilansir dari BBC, sungai Cetina merupakan perairan jernih yang membentang dengan tenang di antara ngarai yang sprektakuler. Sungai Cetina merupakan sungai terbersih di Kroasia dan salah satu sungai terbersih di Eropa yang menjadi sumber air bagi masyarakat di sana.

Sungai Centina mengalir sejauh 63 mil atau sekitar 101 kilometer melewati ngarai dengan ketinggian tebing 200 meter. Membuatnya menjadi salah satu tempat rafting dan arung jeram terfavorit di Dalmatia.

Dikutip dari situs Splash White Water Rafting, sungai Cetina mengalir dari sumber air Glavas dan jatuh secara menakjubkan dari ketinggian 385 meter. Lalu mengakhiri perjalanan panjangnya dengan bermuara di Laut Adriatik. Sebagai sumber air yang bersih, sungai Cetina mengairi daerah disepanjang aliran sungainya.

Sepanjangan aliran sungai dipenuhi oleh beragam vegetiasi, membuatnya menjadi alam yang subur dan asri. Sehingga daerah bantaran sungai Cetina sering dijadikan tempat berkemah sambil menikmati pemandangan alam Kroasia yang luar biasa.

Baca juga: Narwhal Si Unicorn Laut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.