Kompas.com - 09/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi ilmu ekonomi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi ilmu ekonomi
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan sesamanya untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam pemenuhan kebutuhan, terjadi transaksi atau pertukaran suatu benda maupun jasa dengan alat pembayaran.

    Proses jual beli tersebut diatur dalam ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi menjadi ilmu yang sangat penting bagi manusia.

    Sehingga ekonomi menjadi salah satu ilmu yang diajarkan ketika sekolah. Namun, apakah sebenarnya ilmu ekonomi tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, berikut adalah pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli:

    • Adam Smith

    Adam Smith adalah seorang ekonom asal Skotlandia yang dikenal sebagai Bapak Ekonomi Dunia. Adam Smith dalam bukunya An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (1776) menyebutkan bahwa ekonomi adalah ilmu penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

    • Alfred Marshall

    Alfred Marshall dalam buku berjudul Principles of Economics (1890) menyebutkan bahwa ekonomi di satu sisi adalah studi tentang umat manusia dalam urusan kehidupan biasa, meneliti tindakan individu dan dosial yang paling erat hubungannya dengan pencapaian dan pengguunaan kebutuhan material kesejahteraan.

    Disebutkan kehidupan biasa karena ekonomi mempelajari aktivitas-aktivitas yang menghasilkan uang dan bagaimana manusia membelanjakan uangnya.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Baca juga: Bentuk Kegiatan Ekonomi Kreatif

    • Lionel Robbins

    Lionel Robbins dalam bukunya An Essay on the Nature and Significance of Economic Science (1935) menyebutkan ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuan dan sarana langka yang memiliki kegunaan alternatif.

    • N. Gregory Mankiw

    N. Gregory Mankiw dalam bukunya Principles of Microeconomics 5 Edition (2009) menyebutkan bahwa ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang langka.

    • J. S. Mill

    Menurut J. S. Mills, ekonomi adalah ilmu sains praktis tentang pengeluaran dan penagihan.

    • Richard Lipsey

    Richard G. Lipsey dalam bukunya Economic (1981) menyebutkan bahwa ekonomi adalah studi tentang penggunaan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

    Baca juga: Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Laut

    • Paul A. Samuelson

    Paul A. Samuelson dalam buku Economics (1948) menyatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang bagaimana orang dan masyarakat memilih dengan atau tanpa menggunakan uang, untuk menggunakan sumber daya produktif yang langka dapat memiliki penggunaan alternatif, untuk memproduksikan berbagai komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk konsumsi sekarang dan di masa depan.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.