Kompas.com - 07/09/2021, 12:04 WIB
Ilustrasi globalisasi di berbagai bidang freepik.com/rawpixel.com/busbusIlustrasi globalisasi di berbagai bidang

KOMPAS.comGlobalisasi telah membawa dampak di berbagai bidang kehidupan manusia. Dampak tersebut ada yang sifatnya positif, namun ada pula yang negatif. Bisa dikatakan, globalisasi menimbulkan perubahan besar bagi kehidupan warga dunia.

Kata globalisasi erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Namun, sebenarnya globalisasi juga berhubungan dengan bidang lainnya, seperti sosial dan budaya, ekonomi, pendidikan, hingga politik.

Globalisasi bukanlah suatu hal yang baru. Karena globalisasi diperkirakan mulai berkembang pesat di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Bahkan hingga saat ini, globalisasi masih terus berkembang dan membawa dampak besar.

Menurut Sri Suneki dalam jurnal Dampak Globalisasi terhadap Eksistensi Budaya Daerah (2012), globalisasi dianggap sebagai proses saat peristiwa, keputusan, serta kegiatan di suatu negara dapat berpengaruh pada negara lainnya.

Dikutip dari Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi (2020) karya Hadion Wijoyo, dkk, secara etimologi, kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris, globalize, berarti universal atau menyeluruh.

Baca juga: Upaya Menghadapi Modernisasi dan Globalisasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penambahan imbuhan “ization” pada “globalization” berarti proses mendunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti globalisasi adalah proses suatu hal (informasi, pemikiran, gaya hidup, serta teknologi) yang mendunia.

Contoh globalisasi di berbagai bidang

Seperti yang telah disebutkan di atas, globalisasi berhubungan erat dengan berbagai bidang kehidupan manusia, seperti ekonomi, politik, pendidikan, hingga sosial budaya. Berikut penjelasan beberapa contoh globalisasi di berbagai bidang:

  • Bidang ekonomi
  1. Kebebasan berinvestasi
    Era globalisasi menyebabkan banyak pengusaha bisa berinvestasi secara bebas di bidang usaha dan di negara manapun. Contohnya perusahaan makanan asal luar negeri yang membuka cabangnya di Indonesia.
  2. Mengonsumsi barang impor
    Adanya globalisasi memudahkan masyarakat untuk bisa membeli dan mengonsumsi barang dari luar negeri.
  • Bidang pendidikan
  1. Pertukaran pelajar
    Globalisasi memudahkan siswa untuk melakukan pertukaran pelajar. Hal ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan juga mempererat hubungan antar negara.
  2. Kemudahan mengakses ilmu pengetahuan di internet
    Tidak hanya pertukaran pelajar, globalisasi juga memudahkan manusia untuk mengakses atau mendapatkan informasi berupa ilmu pengetahuan dari internet.
  • Bidang teknologi dan informasi
  1. Mengakses konten informasi di berbagai belahan dunia
    Era globalisasi memudahkan manusia untuk mengakses informasi dari belahan dunia mana saja. Contohnya siaran sepak bola di luar negeri yang bisa disaksikan di Indonesia.
  2. Adanya penemuan di bidang teknologi
    Penemuan di bidang teknologi juga merupakan bentuk globalisasi. Contohnya penemuan mobil, gadget, komputer, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi bagi Negara

  • Bidang politik
  1. Munculnya organisasi internasional
    Contoh lain dari globalisasi adalah munculnya organisasi internasional, yang anggotanya berasal dari berbagai negara di dunia. Misalnya ASEAN yang anggotanya berasal dari negara di Asia Tenggara, PBB yang anggotanya berasal dari berbagai negara di dunia, dan lainnya.
  2. Kerja sama internasional
    Selain organisasi internasional, globalisasi di bidang politik juga menimbulkan kerja sama internasional. Kerja sama ini dapat terjalin secara bilateral ataupun multilateral.
  • Bidang sosial budaya
  1. Pertukaran budaya
    Globalisasi menyebabkan adanya pertukaran budaya. Artinya budaya di suatu negara dapat mudah masuk ke negara lainnya. Apabila tidak disikapi dengan baik, budaya asli suatu negara dapat tergerus atau hilang.
  2. Masyarakat semakin heterogen
    Globalisasi dalam bidang sosial budaya membuat masyarakat semakin heterogen. Artinya masyarakat berasal dari berbagai latar belakang berbeda, tidak hanya dari golongan atau kelompok tertentu.
  • Bidang transportasi
  1. Kemudahan dalam bepergian
    Adanya globalisasi membantu manusia untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya yang jauh dengan menggunakan transportasi tertentu. Contohnya pesawat, kereta api, dan kapal laut.
  2. Memiliki transportasi pribadi atau menggunakan tranportasi umum
    Globalisasi membuat manusia bisa memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor. Tidak hanya itu, globalisasi juga memudahkan manusia dalam menggunakan transportasi umum, seperti bus atau angkutan umum.

Baca juga: Globalisasi: Arti dan Dampaknya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.