Kompas.com - 31/08/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi isi dan makna Perpres No 90 Tahun 2019 KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi isi dan makna Perpres No 90 Tahun 2019

KOMPAS.com - Pada 2019, Presiden Indonesia mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019 tentang Badan Perllindungan Pekerja Migran Indonesia.

Tujuan surat Peraturan Presiden RI No 90 tahun 2019 adalah untuk melindungi serta memberi pelayanan yang layak bagi pekerja migran Indonesia

Dalam Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019 tentang Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, yang dimaksud Pekerja Migran Indonesia (PMI) adalah tiap warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah bekerja dan menerima upah dari luar negara Indonesia.

Isi Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019

Peraturan presiden ini dibuat untuk menggantikan peraturan sebelumnya, yakni Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006 tentang Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Secara garis besar, Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019 disusun untuk mengoptimalkan kebijakan pelayanan bagi pekerja migran Indonesia, baik untuk penempatan maupun perlindungannya.

Selain itu, peraturan ini juga dibuat untuk melaksanakan ketentuan Pasal 48 UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peraturan Organisasi Kementerian Negara

Dikutip dari jurnal Urgensi Perlindungan Hukum terhadap Hak Menjalani Gaya Hidup Halal Bagi Pekerja Migran Indonesia (2020) karya Soleh Hasan Wahid, dkk, peraturan presiden ini membahas tentang perubahan badan atau lembaga yang berkaitan dengan pekerja migran Indonesia.

Dalam peraturan sebelumnya (Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006), kebijakan terkait pekerja migran Indonesia, baik penempatan serta perlindungannya, berada di bawah BNP2TKI atau Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Namun, setelah Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019 disusun, lembaga tersebut berubah menjadi BP2MI atau Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah non departemen.

Selanjutnya, Pasal 2 hingga Pasal 5 dalam Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019 membahas tentang tugas, wewenang, serta fungsi BP2MI. Untuk pasal selanjutnya dalam peraturan ini membahas tentang:

  1. Susunan organisasi beserta tugas dan fungsinya.
  2. Pengawas BP2MI
  3. Unsur pendukung terkait BP2MI
  4. Pengangkatan dan pemberhentian jabatan dalam struktur organisasi BP2MI.
  5. Tata kerja
  6. Sumber pendanaan
  7. Ketentuan lainnya yang dibahas lebih lanjut dalam peraturan presiden ini.

Baca juga: Wewenang Polri Menurut Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002

Makna Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019

Makna utama yang terkandung dalam peraturan presiden ini ialah mengenai pembentukan BP2MI atau Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Badan ini menggantikan BNP2TKI yang mana sebelumnya diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006.

Harapannya dengan ada transformasi lembaga ini akan berdampak positif bagi pekerja migran Indonesia. Baik dari segi kebijakan, pelayanan, hingga perlindungan pekerja migran yang dilakukan secara lebih terpadu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.