Kompas.com - 30/08/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi perbedaan laptop dan notebook KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi perbedaan laptop dan notebook
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Perangkat komputer merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia modern. Laptop dan notebook adalah perangkat komputer yang praktis untuk di bawa kemana-mana, namun tetap dapat membantu berbagai kegiatan manusia.

    Laptop dan notebook seringkali dianggap sebagai satu barang yang sama, namun keduanya adalah barang yang berbeda. Berikut adalah perbedaan laptop dengan notebook, yaitu:

    • Penemuan

    Dilansir dari HP Development Company, laptop pertama kali diciptakan oleh Adam Osborne pada tahun 1981 sebagai perangkat komputer portable yang ideal untuk pebisnis yang sering berpergian.

    Adapun netbook diciptakan oleh NEC UltraLife pada tahun 1989 dalam bentuk yang lebih ringan dan kecil untuk kegunaan komputasi pribadi.

    • Ukuran

    Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama, laptop dan notebook memiliki ukuran yang berbeda. Laptop biasanya lebih berat dibanding dengan notebook, ukuran layar laptop juga lebih besar dibanding notebook.

    Layar laptop memiliki rentang ukuran 14 hingga lebih dari 18 inci, adapaun layar notebook memiliki rentang ukuran yang lebih kecil yaitu 7 hingga 18 inci saja.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

    • Daya pemrosesan

    Laptop memiliki daya pemrosesan yang lebih tinggi daripada notebook. Laptop memiliki daya pemrosesan yang setara dengan komputer desktop. Adapun notebook memiliki daya pemrosesan yang lebih rendah, karena memiliki CPU yang lebih rendah.

    • Sistem pendinginan

    Laptop memiliki kipas di dalam mesinnya, sedangkan notebook tidak. Dilansir dari Electronics Hub, daya pemrosesan yang tinggi membangkitkan panas sehingga laptop memerlukan sistem pendeingin berupa kipas.

    Daya pemerosesan notebook yang lebih rendah membuat notebook tidak menghasilkan banyak panas. Sehingga notebook tidak memiliki kipas di dalam mesinnya. Namun jika digunakan dalam janbook lebih cepat panas.

    • Kualitas grafis

    Laptop memiliki kualitas grafis yang lebih bagus daripada kualitas grafis notebook. Hal tersebut membua laptop bisa digunakan untuk desain grafis, sedangkan notebook tidak.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.