Kompas.com - 25/08/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi tujuan teks laporan hasil observasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi tujuan teks laporan hasil observasi

KOMPAS.com – Dalam Bahasa Indonesia terdapat bergai jenis teks, salah satunya adalah teks laporan hasil observasi atau dalam bahasa Inggris disebut dengan observatory report text. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), observasi adalah peninjauan secara cermat.

Observasi adalah proses yang aktif dan berkesinambungan, yang dapat diajarkan dan juga dipelajari. Sehingga observasi merupakan kegiatan mengamati suatu obyek untuk meliti apakah yang terjadi pada obyek tersebut.

Keseluruhan dari observasi seperti latar belakang penelitian, dasar teori, asumsi, prosedur penelitian, data penelitian, hasil penelitian, analisis data, hingga kesimpulan dapat dituliskan dalam teks laporan hasil observasi.

Tujuan pembuatan teks laporan

Menurut L. Gerot dan P. Wignell dalam buku berjudul Making Sense of Functional Grammar (1994) menyebutkan bahwa teks laporan berfungsi untuk menggambarkan apa adanya fenomena alam, buatan manusa, maupun sosial yang terjadi di lingkungan.

Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk memberikan informasi yang obyektif, faktual, dan aktual. 

Obyektif artinya teks tersebut memberikan informasi suatu obyek yang jelas batasan masalah juga ruang lingkupnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Observasi: Pengertian Para Ahli, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Faktual berarti informasi yang diberikan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Hasil observasi bersifat faktual jika dibarengi dengan bukti yang konkrit. Fakta atau bukti tersebut bisa didapat data berupa foto, video, gambar, angka, dan juga tulisan.

Sedangkan aktual adalah sesuai dengan yang baru saja terjadi. Informasi dalam teks laporan hasil observasi diambil dari data yang aktual, atau yang betul-betul terjadi dan yang paling baru terjadi. Sehingga data sesuai dengan keadaan terkini di lingkungan.

Selain itu, teks laporan hasil observasi yang menyampaikan informasi, membuatnya memiliki banyak kegunaan.

Teks laporan hasil observasi digunakan dalam penelitian ilmiah, laporan pertanggung jawaban, untuk pengawasan, pengembilan keputusan, dan juga sekadar menginformasikan suatu informasi pada pembacanya.

Dilansir dari Standford Encyclopedia of Philosophy, observasi secara khusus diakui sebagai epistemology sains untuk membuktikan pengamatan dan asumsi.

Sehingga teks laporan hasil observasi membantu para ilmuan untuk membuktikan suatu masalah. Teks inilah yang membantu pembuatan teori, postulat, dan juga hukum yang berlaku dalam ilmu pengetahuan.

Baca juga: Mengapa Teks Laporan Observasi disebut Teks Klasifikasi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.