Kompas.com - 04/08/2021, 14:56 WIB
Ilustrasi pembagian geografi menurut Bernhardus Varenius freepik.com/pch.vectorIlustrasi pembagian geografi menurut Bernhardus Varenius

KOMPAS.comGeografi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu tentang kenampakan bumi. Banyak ahli mengemukakan pendapatnya mengenai bidang ilmu geografi. Salah satunya Bernhardus Varenius.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Bernhardus Varenius atau Bernhard Varen merupakan salah satu tokoh penting dalam pembelajaran geografi di Eropa. Salah satu karya yang sangat dikenal luas ialah bukunya yang berjudul Geographia Generalis.

Dalam buku tersebut, Varenius mengemukakan pikirannya mengenai geografi. Ia mendefinisikan geografi sebagai campuran dari matematika yang membahas tentang kondisi bumi beserta bagiannya dan juga mengenai benda-benda langit.

Menurut Yulia Siska dalam bukunya yang berjudul Geografi Sejarah Indonesia (2017), Bernhardus Varenius dalam bukunya yang berjudul Geographia Generalis (General Geography:1650) membagi geografi menjadi beberapa kajian ilmu.

Baca juga: Teori Perkembangan Wilayah Berdasarkan Geografi

Pembagian geografi menurut Bernhardus Varenius adalah geografi umum atau geografi generalis, serta geografi khusus atau geografi sosialis. Kedua kajian ini memiliki perbedaan fokus pada hal yang akan dipelajari atau dikaji. Berikut penjelasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, geografi umum banyak membahas tentang karakteristik permukaan bumi secara umum. Kajian geografi ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Terestrial
    Adalah pengetahuan mengenai bumi secara keseluruhan, dan juga meliputi bentuk serta ukurannya.
  2. Astronomis (falakiah)
    Adalah pengetahuan mengenai hubungan bumi dengan bintang atau benda langit. Kajian geografi ini merupakan cikal bakal kemunculan ilmu kosmografi.
  3. Komparatif
    Adalah deskripsi lengkap tentang bumi, letak, serta berbagai tempat yang ada di permukaannya. Kajian geografi ini membahas bumi secara keseluruhan dan sifatnya detail.

Kajian geografi ini lebih banyak mendeskripsikan tentang wilayah yang ada di bumi beserta segala hal yang berkaitan dengannya. Geografi khusus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Atmosfer (aspek langit)
    Adalah pengetahuan yang secara khusus membahas tentang keadaan iklim di bumi.
  2. Litosfer (aspek permukaan bumi)
    Adalah pengetahuan yang secara khusus menelaah atau mengkaji tentang permukaan bumi, meliputi relief, vegetasi, dan fauna yang tersebar di berbagai kawasan.
  3. Aspek manusia
    Adalah pengetahuan yang secara khusus membahas keadaan penduduk, perdagangan, urusan pemerintahan dari berbagai negara.

Baca juga: Penelitian Geografi: Pengertian, Sifat, Jenis dan Contoh Judulnya


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.