Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Geografi Menurut Bernhardus Varenius

Kompas.com - 04/08/2021, 14:56 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.comGeografi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu tentang kenampakan bumi. Banyak ahli mengemukakan pendapatnya mengenai bidang ilmu geografi. Salah satunya Bernhardus Varenius.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Bernhardus Varenius atau Bernhard Varen merupakan salah satu tokoh penting dalam pembelajaran geografi di Eropa. Salah satu karya yang sangat dikenal luas ialah bukunya yang berjudul Geographia Generalis.

Dalam buku tersebut, Varenius mengemukakan pikirannya mengenai geografi. Ia mendefinisikan geografi sebagai campuran dari matematika yang membahas tentang kondisi bumi beserta bagiannya dan juga mengenai benda-benda langit.

Menurut Yulia Siska dalam bukunya yang berjudul Geografi Sejarah Indonesia (2017), Bernhardus Varenius dalam bukunya yang berjudul Geographia Generalis (General Geography:1650) membagi geografi menjadi beberapa kajian ilmu.

Baca juga: Teori Perkembangan Wilayah Berdasarkan Geografi

Pembagian geografi menurut Bernhardus Varenius adalah geografi umum atau geografi generalis, serta geografi khusus atau geografi sosialis. Kedua kajian ini memiliki perbedaan fokus pada hal yang akan dipelajari atau dikaji. Berikut penjelasannya:

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, geografi umum banyak membahas tentang karakteristik permukaan bumi secara umum. Kajian geografi ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Terestrial
    Adalah pengetahuan mengenai bumi secara keseluruhan, dan juga meliputi bentuk serta ukurannya.
  2. Astronomis (falakiah)
    Adalah pengetahuan mengenai hubungan bumi dengan bintang atau benda langit. Kajian geografi ini merupakan cikal bakal kemunculan ilmu kosmografi.
  3. Komparatif
    Adalah deskripsi lengkap tentang bumi, letak, serta berbagai tempat yang ada di permukaannya. Kajian geografi ini membahas bumi secara keseluruhan dan sifatnya detail.

Kajian geografi ini lebih banyak mendeskripsikan tentang wilayah yang ada di bumi beserta segala hal yang berkaitan dengannya. Geografi khusus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Atmosfer (aspek langit)
    Adalah pengetahuan yang secara khusus membahas tentang keadaan iklim di bumi.
  2. Litosfer (aspek permukaan bumi)
    Adalah pengetahuan yang secara khusus menelaah atau mengkaji tentang permukaan bumi, meliputi relief, vegetasi, dan fauna yang tersebar di berbagai kawasan.
  3. Aspek manusia
    Adalah pengetahuan yang secara khusus membahas keadaan penduduk, perdagangan, urusan pemerintahan dari berbagai negara.

Baca juga: Penelitian Geografi: Pengertian, Sifat, Jenis dan Contoh Judulnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kemdikbud
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com