Kompas.com - 30/07/2021, 12:40 WIB
Ilustrasi Singapura southtownboyIlustrasi Singapura

KOMPAS.comSingapura menjadi satu-satunya negara maju di Asia Tenggara. Singapura juga dikenal sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki hasil tambang.

Untuk memenuhi kebutuhannya ini, Singapura mengimpor hasil tambang dari beberapa negara. Julukan Macan Asia diberikan kepada Singapura, berkat kekuatan ekonominya.

Bahkan negara ini merupakan salah satu pusat perekenomian terbesar di Asia Tenggara. Bisa dikatakan jika majunya perekonomian Singapura menyebabkan negara ini menjadi salah satu negara maju di dunia.

Singapura bisa menjadi negara maju walaupun sumber daya alamnya sedikit. Hal ini karena Singapura mengandalkan seluruh sektor ekonominya pada bidang industri dan jasa. Beberapa contoh di antaranya pariwisata, perbankan, serta elektronik.

Dikutip dari World Bank, diperkirakan 17 persen penduduk Singapura bekerja di sektor industri. Sedangkan 12,4 persen penduduk lainnya bekerja di bidang jasa. Angka ini bisa terus bertambah seiring dengan pertumbuhan penduduk Singapura.

Baca juga: Tujuan dan Bentuk Kerja Sama ASEAN Bidang Ekonomi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, mengapa Singapura bisa menjadi negara maju?

Sektor industri dan jasa 

Mengutip dari buku Demokrasi di Era Covid-19: Isu, Persoalan dan Rekomendasi (2019) karya Warjio, Singapura bisa menjadi negara maju karena negara ini mampu mengembangkan kegiatan ekonominya, tanpa harus memiliki sumber daya tambang.

Artinya Singapura benar-benar mengandalkan sektor industri dan jasa untuk meningkatkan penghasilan negara. Contoh jenis industrinya ialah pengalengan ikan, minuman kemasan, daging, buah, serta pengolahan kayu. Sedangkan pada sektor jasa, contohnya pariwisata dan perbankan.

Alasan lain mengapa Singapura bisa menjadi negara maju ialah karena Sumber Daya Manusia (SDM) Singapura yang unggul serta memiliki keterampilan. Hal ini memungkinkan warga negara ini mengolah dan mengembangkan kegiatan ekonominya.

Jalur transportasi perdagangan 

Dilansir dari Maritime and Port Authority of Singapore, Singapura yang terletak di persimpangan perdagangan Timur-Barat, menjadikan negara ini mempunyai lokasi strategis di jantung Asia.

Baca juga: Brunei Darussalam, Negara Kecil Penghasil Minyak

Perairan Singapura menjadi salah satu jalur transportasi perdagangan dunia. Pelabuhan di Singapura menjadi salah satu pelabuhan terpadat dan tersibuk di dunia. Letaknya yang strategis jelas menguntungkan Singapura.

Negara ini bisa mengimpor kebutuhannya dan mengekspor barang hasil industrinya ke berbagai negara. Sehingga secara langsung, hasil ekspor ini meningkatkan pendapatan negara Singapura.

Tidak hanya itu, pembangunan ekonomi juga menjadi perhatian khusus dan selalu diawasi ketat oleh Pemerintah Singapura.

Bisa disimpulkan jika ada empat alasan utama mengapa Singapura bisa menjadi negara maju. Alasannya ialah:

  1. Singapura mengandalkan sektor industri dan jasa sebagai kegiatan ekonomi utama serta sumber penghasilannya.
  2. Sumber daya manusia di Singapura termasuk unggul serta memiliki keterampilan.
  3. Lokasi strategis Singapura menyebabkan negara ini bisa dengan mudah mengekspor barang hasil industrinya dan mengimpor berbagai kebutuhannya.
  4. Pemerintah Singapura senantiasa mengawasi pembangunan ekonomi negaranya dan menjadikan hal ini sebagai salah satu perhatian khusus.

Baca juga: Sistem Pemerintahan dan Penduduk di Kamboja


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.