Kompas.com - 26/07/2021, 13:48 WIB
Ilustrasi pengertian autobiografi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian autobiografi

KOMPAS.comAutobiografi biasanya dituliskan oleh seorang tokoh. Isinya memuat kisah perjalanan hidup atau riwayat hidup tokoh atau penulis itu sendiri. Tujuannya supaya orang lain lebih mengenal kehidupan tokoh tersebut.

Bisa dikatakan jika penulis autobiografi adalah tokoh yang diceritakan dalam tulisan tersebut. Autobiografi bisa memuat berbagai hal, misalnya tentang kesuksesan dalam meraih sesuatu, kejadian yang dianggap membanggakan, dan lain sebagainya.

Definisi autobiografi

Menurut Eriyanto dalam buku Analisis Jaringan Komunikasi (2014), autobiografi adalah catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh itu sendiri. Autobiografi bersifat subyektif, karena berasal dari pandangan hidup tokoh itu sendiri.

Mengutip dari buku Cermat Berbahasa Indonesia (2019) karya Sutarno, tujuan penyusunan autobiografi ialah untuk menunjukkan riwayat hidup penulis kepada orang lain.

Selain itu, terkadang tulisan ini juga diperlukan sebagai syarat penting di bidang pendidikan ataupun pekerjaan.

Baca juga: Jenis-Jenis Biografi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciri-ciri autobiografi

Autobiografi memiliki lima ciri, yakni:

  • Berisikan riwayat hidup atau kisah perjalanan hidup

Ciri khas utama dari autobiografi ialah menceritakan ulang peristiwa atau kejadian tentang seorang tokoh. Biasanya peristiwa yang diceritakan sifatnya positif atau memberi dampak positif kepada pembacanya.

Selain itu, dalam autobiografi, biasanya juga memuat berbagai bukti pendukung, misalnya prestasi, penghargaan, atau lainnya.

  • Dibuat supaya orang lain lebih mengenal tokoh tersebut

Autobiografi memuat riwayat perjalanan hidup seorang tokoh. Sehingga harapannya pembaca lebih bisa mengenal tokoh tersebut lewat autobiografi yang dibuat.

  • Dibuat supaya orang lain bisa termotivasi

Autobiografi memang berisikan riwayat hidup seorang tokoh. Selain untuk mengenalkan diri kepada pembaca, tulisan ini juga biasanya menampilkan informasi atau kejadian yang diharapkan bisa memotivasi serta memberi dampak positif kepada pembaca.

  • Biasanya menggunakan sudut pandang orang pertama

Biasanya autobiografi ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama, misalnya ‘aku’, ‘saya’. Namun, tidak sedikit pula yang menggunakan sudut pandang lainnya yang dianggap lebih sesuai.

Baca juga: Apa itu Biografi Jurnalistik?

  • Dapat ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan orang lain

Autobiografi bisa ditulis oleh tokoh itu sendiri atau dengan bantuan pihak lainnya sesuai penuturan tokoh itu sendiri.

Struktur autobiografi

Dalam teks autobiografi, ada lima struktur penting yang harus ada ketika membuat tulisan ini. Struktur tersebut adalah:

  1. Judul
    Tentukan judul yang sesuai dengan cerita yang dibahas. Biasanya judul yang dipilih diambil dari nama tokoh yang ditulis, namun juga bisa bentuk judul lainnya.
  2. Penulisan latar belakang keluarga
    Tulisan autobiografi diawali dengan pembahasan mengenai latar belakang keluarga. Misalnya siapa orang tuanya, latar belakang pekerjaan orang tua, peristiwa yang berkaitan dengan keluarga, dan lain sebagainya.
  3. Penulisan latar belakang pendidikan tokoh
    Setelah menulis latar belakang keluarga, struktur selanjutnya ialah latar belakang pendidikan tokoh. Struktur ini memuat riwayat pendidikan tokoh, misalnya nama instansi pendidikan dan tahun kapan mulai menempuh pendidikan, dan lain sebagainya.
  4. Penulisan latar belakang pekerjaan tokoh
    Tuliskan latar belakang pekerjaan tokoh secara mendalam. Misalnya dari kapan mulai bekerja dan di bidang apa, dan lain sebagainya. Sebagai catatan, jika autobiografi ditulis oleh pelajar, struktur ini tidak harus ditulis dan bisa dihilangkan.
  5. Hasil prestasi atau hasil karya
    Struktur terakhir dalam teks autobiografi ialah pencantuman hasil prestasi atau hasil karya. Bagian ini lebih berfokus pada hal apa saja yang berhasil dicapai oleh tokoh penulis tersebut. Misalnya prestasi ketika sekolah, prestasi di bidang pekerjaan, dan bentuk prestasi lainnya.

Baca juga: Pola-Pola Pengembangan Teks Biografi


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.