Kompas.com - 23/07/2021, 15:28 WIB
Ilustrasi teori perkembangan wilayah berdasarkan geografi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi teori perkembangan wilayah berdasarkan geografi

KOMPAS.com – Manusia hidup tersebar di berbagai daerah dengan karakteristik geografis yang berbeda. Manusia selalu berkembang, dari mulai jaman prasejarah hingga peradaban modern.

Hal tersebut membuktikan bahwa sebuag wilayah berkembang secara struktural, sosial, maupun budaya. 

Berdasarkan perspektif geografi, terdapat tiga teori pertumbuhan wiayah, yakni: 

  • Teori tempat sentral

Teori tempat sentral atau central place theory adalah teori perkembangan wilayah yang dikemukakan oleh seorang ahli geografi asal Jerman, bernama Walter Christaller pada tahun 1993.

Teori ini menjelaskan hubungan kota sebagai pusat pertumbuhan dengan pemukiman kecil di sekitarnya.

Dilansir dari Thought Co, Christaller mendefinisikan tempat sentral sebagai penyedia barang dan jasa bagi penduduk sekitarnya dan kota pada dasarnya adalah pusat distribusi. Dalam teori ini Christaller menekankan dua aspek yaitu ambang dan jangkauan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hubungan Teori Interaksi dengan Perencanaan Pembangunan Wilayah

Ambang adalah jumlah minimum orang yang diperlukan agar kegiatan penyediaan serta distribusi barang jasa tetap berjalan.

Adapun jangkauan adalah jarak tempuh yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang serta jasa. Manusia cenderung membeli barang dari tempat terdekat yang menawarkannya, dibanding pergi jauh untuk mendapatkan barang yang sama.

  • Teori sektoral

Teori tempat sentral Christaller kemudian dikembangkan kembali menjadi teori sektoral. Menurut Encyclopedia Britannica, teori sektoral adalah teori perkembangan wilayah karya seorang ekonom asal Jerman bernama August Losch yang dikemukakan dalam bukunya berjudul The Spatial Organization of the Economy (1940).

Teori Losch mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi terbenyuknya wilayah sentral. Misalnya wilayah yang ideal adalah wilayah yang dapat mendistribusikan barang dalam jarak minimal namun keuntungan yang relatif sama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.