Kompas.com - 23/07/2021, 15:08 WIB
Seorang nelayan sedang menjaring ikan. freepik.com/ alexeyzhilkinSeorang nelayan sedang menjaring ikan.

KOMPAS.com – Permukaan bumi sebagian besar ditutupi oleh air. Dilansir dari NASA Science, lautan menutupi 70 persen dari permukaan bumi dan mengandung 97 persen air yang dimiliki bumi.

Wilayah yang sangat luas membuat laut berperan penting dalam kehidupan manusia. Misalnya berperan penting dalam siklus air bumi, pembentukan iklim, habitat flora dan fauna, hingga mengandung sangat banyak sumber daya laut.

Manusia menggunakan sumber daya laut untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membangun sektor ekonomi. Berikut adalah jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut, yaitu:

  • Penangkapan ikan atau nelayan

Dilansir dari Science, manusia mulai mengumpulkan ikan dan hewan air di pantai sebagai sumber makanan sekitar 1,95 juta tahun yang lalu.

Hal tersebut membuktikan kegiatan penangkapan ikan telah ada sejak jaman prasejarah dan terus berlanjut hingga sekarang.

Baca juga: Jenis-Jenis Pekerjaan Berdasarkan Letak Geografis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penangkapan ikan adalah kegiatan ekonomi pemanfaatan sumber daya laut yang menangkap ikan dan hewan laut lainnya untuk kepentingan ekonomi.

Nelayan laut dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni: 

  1. Nelayan perairan pedalaman adalah nelayan yang menangkap ikan di perairan yang terletak di darat dari garis rendah pantai.
  2. Nelayan pantai adalah nelayan yang menangkap ikan di pantai atau wilayah territorial yaitu sejauh 12 meter dari garis pantai.
  3. Nelayan lepas pantai adalah nelayan yang menangkap ikan di wilayah lepas pantai yaitu dalam zona ekonomi ekslusif (ZEE). ZEE berada sekitar 200 mil diukur dari garis laut territorial.
  4. Nelayan laut lepas adalah nelayan yang menangkap ikan di wilayah laut bebas, yaitu bagian laut yang tidak terikat dengan negara apa pun.

Penangkapan ikan meliputi penangkapan ikan, udang, gurita, cumi-cumi, kerang, abalone, dan hewan laut lainnya untuk keperluan ekonomi.

Selain menangkap ikan, nelayan juga biasanya melakukan pengawetan ikan dengan cara pengeringan untuk kemudian dijual ke pasar.

Selain ditangkap secara langsung dari perairan, hewan laut juga biasanya dibudidayakan. Budidaya ikan, udang, kepiting, lobster, dan ikan laut biasanya dilakukan dalam tambak dan dikontrol proses perkembangannya hingga masa panen tiba.

Baca juga: Pengaruh Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.