Kompas.com - 22/07/2021, 19:04 WIB
Gunung Kinabalu, Gayo Ngaran, Malaysia wikipedia.org/commonsGunung Kinabalu, Gayo Ngaran, Malaysia

KOMPAS.com – Malaysia adalah tetangga terdekat dengan Indonesia, sehingga disematkan julukan negeri jiran. Malaysia terdiri dari dua wilayah berupa yang dipisahkan oleh Laut Cina Selatan

Di darat, Malaysia berbatasan dengan barat laut Pulau Kalimantan. Adapun di laut, Malaysia berbatasan dengan Pulau Sumatera yang terpisahkan oleh selat Malaka.

Karena berada sangat dekat dengan Inonesia, Malaysia memiliki bentang alam yang hampir sama juga dengan Indonesia.

Wilayah Malaysia diisi oleh pantai, hutan hujan tropis, sungai, dan juga banyak pegunungan. Lima gunung tertinggi di Malaysia secara berurutan dari yang tertinggi yaitu:

Gunung Kinabalu

Menduduki peringkat pertama adalah Gunung Kinabalu yang menjulang setinggi 4.095 meter di atas permukaan laut. Gunung Kinabalu terletak di Sabah, tepatnya di Taman Kinebalu yang merupakan situs warisan dunia.

Gunung Kinebalu memiliki variasi iklim membuatnya menjadi rumah bagi 6.000 spesies tumbuhan. Dalam daftar tersebut termasuk Bunga Raflesia yang merupakan bunga terbesar di dunia yang langka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Asia

Dilansir dari situs Mount Kinabalu, nama Kinabalu berasal dari bahasa masyarakat Kadazan “Aki Kinebalu” yang berarti tempat orang mati yang dihormati.

Hal tersebut di dasari legenda seorang Pangeran asal Cina yang meninggalkan seorang wanita Kadazan hingga wanita tersebut meratap dan menjadi batu.

Selain kekayaan alamnya, gunung Kinebalu juga dilengkapi pemandian air panas alami. Ditambah lagi, Kinebalu merupakan salah satu puncak tertinggi di dunia yang pendakiannya tidak terlalu sulit. Hal-hal tersebut menjadikan Kinebalu sebagai salah satu gunung paling populer untuk didaki.

Gunung Trusmadi

Menduduki peringkat kedua gunung tertinggi di Malaysia adalah Gunung Trusmadi yang menjulang setinggi 2.642 meter di atas permukaan laut. Gunung Trusmadi terletak di Sabah, tepatnya di hutan lindung paling besar Malaysia yaitu selsuas 184.527 hektar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.