Kompas.com - 22/07/2021, 18:45 WIB
Peta Brunei Darussalam Wikimedia Commons/Rayza212Peta Brunei Darussalam

KOMPAS.comBrunei Darussalam adalah salah negara negara di ASEAN yang dijuluki dengan negara petro dollar.

Julukan tersebut disematkan karena Brunei Darissalam memiliki penghasilan yang paling tinggi di antara negara ASEAN lainnya.

Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak pada 4 LU hingga 5 LU dan 144 BT hingga 115 BT. Membuatnya menjadi negara terkecil kedua di Asia Tenggara setelah Singapura.

Secara geografis, Brunei Darussalam adalah tetangga Indonesia. Brunei terletak satu pulau dengan Kalimantan, yaitu di pantai barat laut Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia.

Bentang alam Brunei Darussalam

Brunei Darussalam dengan ibukota Bandar Seri Bengawan memiliki wilayah seluas 5.765 kilometer persegi yang dibagi menjadi wilayah barat dan wilayah timur.

Baca juga: Sistem Pemerintahan dan Penduduk di Kamboja

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan garis pantai yang membentang sejauh 130 km. Wilayah barat Brunei terdiri dari tiga distrik yaitu Muara-Brunei, Tutong, dan juga Belait membentuk wilayah yang lebih besar.

Kenampakan alam Brunei Darussalam umumnya berupa daratan perbukitan di sebelah timur. Kemudian di sebelah barat berupa dataran rendah, pantai, rawa, dan hutan bakau.

Berdasarkan Food and Agriculture Organization of the United Nations, wilayah barat Brunei sebagian besar terdiri dari dataran rendah di bawah 100 mdpl dan naik sekitar 300 mdpl menjadi berbukit-bukit di beberapa tempat yang berbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Wilayah barat juga memiliki banyak rawa-rawa, hutan bakau, dan lembah aluvial di sekitar sungai seperti sungai Tutong dan Belait (terpanjang di Brunei yaitu sekitar 206 km).

Adapun wilayah timur Brunei dari distrik Temburong yang lebih kecil. Wilayah timur Brunei memiliki kondisi geografis yang diisi oleh bukit dan gunung.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.