Kompas.com - 22/07/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi otot pada manusia freepik.com/brgfxIlustrasi otot pada manusia

KOMPAS.com – Saat mata terkena cahaya yang sangat terang, mata akan merasa silau. Oleh karena itu pupil mata akan mengecil sehingga meminimalkan cahaya yang masuk ke mata.

Tahukah kamu bahwa ukuran pupil bisa mengecil karena konstraksi dari otot polos?

Otot polos yang bertanggung jawab dalam pengecilan pupil disebut dengan otot sfingter. Namun sebenarnya apakah itu otot polos?

Otot polos merupakan salah satu dari tiga jenis otot yang dimiliki manusia. otot polos disebut polos karena tidak memiliki lurik. Otot polos adalah otot yang bekerja secara tidak sadar yang berada hampir diseluruh bagian tubuh.

J. Gordon Betts, dan teman-teman dalam buku Anatomy dan Physiology (2017) menyebutkan sebagian besar otot polos harus berfungsi dalam waktu yang lama tanpa istirahat, output dayanya relatif rendah, tetapi berkontraksinya berkelanjutan tanpa menggunakan energi besar secara tidak sadar.

Baca juga: Pemanfaatan Gaya Otot dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ciri-ciri otot polos

Ciri-ciri otot polos sebagai berikut:

  • Bekerja secara tidak sadar
  • Tidak memiliki pola lurik
  • Berinti tunggal
  • Tidak bercabang
  • Bersifat elastis
  • Memiliki tebal sekitar empat hingga lima mikrometer
  • Memiliki panjang sekitar 20 hingga 300 mikrometer
  • Terdapat di otot pembuluh darah dan organ dalam
  • Memiliki filament aktin yang terlihat sebagai garis merah di bawah mikroskop
  • Berbentuk gelendong atau spindel dengan bagian tengah yang menggelmbung (terdapat nukleus) dan ujung yang meruncing

Jenis otot polos

Ada dua jenis otot polos yang terdapat di tubuh manusia yaitu otot polos unit tunggal dan otot polos unit ganda. Berikut penjelasannya:

  • Otot polos unit tunggal

Otot polos unit tunggal adalah yang terdiri dari banyak serabut dan sel-selnya bekerja sama sebagai satu kesatuan. Dilansir dari Biology Online, sel-sel tersebut bekerja sama menghasilkan kontraksi otot yang panjang dan seragam sehingga dapat memfasilitasi transportasi zat dalam tubuh.

Otot polos unit tunggal atau visceral terletak di lapisan internal organ berongga seperti ginjal, organ reproduksi, usus, perut, pembuluh darah, kandung kemih, dan hati.

Baca juga: Gaya Otot dan Pengaruhnya

  • Otot polos unit ganda

Adapun otot polos unit ganda adalah otot polos yang tersusun dari banyak serabut yang bekerja secara mandiri. Otot unit ganda bekerja secara sendiri-sendiri dan tidak kolektif seperti unit tunggal.

Otot polos unit ganda terdapat pada paru-paru, arteri besar, otot mata bagian dalam, dan otot arrector pili pada rambut.

Letak otot polos

jenis otot polos terdapat pada organ-organ berikut

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, otot polos terdapat pada organ-organ di seluruh tubuh untuk membantu berbagai fungsi tubuh bagian dalam seperti pencernaan, detoksifikasi, menjaga keseimbangan elektrolit, pengaturan tekanan darah, pengaturan aliran urin, dan transportasi oksigen untuk jaringan.

Otot polos hadir pada seluruh saluran pencernaan, saluran pernafasan, pembuluh darah, pembuluh limfatik, ginjal, dinding perut, kandung kemih, saluran reproduksi, rahim, prostat, sistem intergumen, otot rambut, otot siliaris, dan juga iris mata.

Baca juga: Macam-Macam Gerak Otot pada Manusia


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X