Kompas.com - 22/07/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi manfaat dasar negara freepik.comIlustrasi manfaat dasar negara

KOMPAS.comDasar negara menjadi dasar penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap negara di dunia memiliki dasar negaranya masing-masing. Dasar negara inilah yang membantu suatu negara dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Dasar negara dapat diartikan sebagai landasan bagi suatu negara dalam menjalankan pemerintahan dan kehidupannya.

Tidak hanya digunakan oleh pemerintah, dasar negara juga hendaknya dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat negara tersebut.

Pengertian dan manfaat dasar negara

Menurut Rini Setyowati dan kawan-kawan dalam buku Pendidikan Pancasila (2020), dasar negara merupakan landasan kehidupan suatu negara. Tiap negara diharuskan memiliki landasan dalam menjalankan kehidupan negaranya.

Baca juga: Dampak tidak Memiliki Dasar Negara

Jika suatu negara tidak memiliki dasar negara, negara tersebut dikhawatirkan akan runtuh dan akhirnya hancur. Karena dasar negara memuat nilai-nilai penting untuk penyelenggaraan negara dan bagi masyarakat negara itu sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat empat manfaat dasar negara bagi suatu negara, yakni:

  • Sebagai pedoman hidup

Artinya dasar negara dijadikan pedoman hidup bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pedoman hidup ini diperlukan supaya masyarakat dan pemerintah dapat menentukan tujuan dan tindakan yang harus diambil agar bisa mencapai tujuan negaranya.

  • Sebagai pengingat akan tujuan negara

Artinya dasar negara dijadikan pengingat bagi masyarakat dan pemerintah untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Karena dasar negara juga memuat tujuan mulia dan luhur, sehingga harapannya tujuan ini bisa dicapai lewat kerja sama masyarakat dan pemerintah.

  • Sebagai sumber nilai

Artinya dasar negara juga memuat sumber nilai penting yang harusnya bisa diterapkan oleh masyarakat dan pemerintah. Tidak hanya memuat sumber nilai penting, dasar negara juga memuat nilai moral yang digunakan sebagai dasar perilaku masyarakat.

  • Sebagai sumber hukum

Artinya dasar negara menjadi sumber pembentukan dan penetapan hukum di suatu negara. Hendaknya peraturan dibuat sesuai dengan nilai yang terkandung di dalam dasar negara, serta tidak bertentangan dengan tujuan negara.

Baca juga: Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara di Awal Kemerdekaan

Manfaat atau fungsi Pancasila sebagai dasar negara

Mengutip dari Buku Ajar Pendidikan Pancasila (2018) karya Irwan Gesmi dan Yun Hendri, Pancasila sebagai dasar negara memiliki sejumlah fungsi atau manfaat penting bagi Indonesia, yakni:

  1. Sebagai pedoman hidup
    Artinya Pancasila menjadi pedoman dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Pancasila juga membantu masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk senantiasa bekerja sama untuk meraih tujuan yang diinginkan.
  2. Sebagai sumber hukum
    Artinya Pancasila menjadi sumber hukum dari segala hukum di Indonesia. Segala bentuk peraturan yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan Pancasila.
  3. Sebagai cita-cita bangsa
    Artinya Pancasila dibuat untuk menjadi tujuan negara serta cita-cita bangsa Indonesia. Hal ini tercantum dalam kelima sila Pancasila.
  4. Sebagai kepribadian bangsa
    Artinya Pancasila menjadi identitas bangsa Indonesia. Maka dari itu, tiap nilai yang ada dalam Pancasila harus dimiliki dan diterapkan oleh tiap masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kenapa Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Perlu Kita Pertahankan?


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X