Kompas.com - 22/07/2021, 13:19 WIB
Ilustrasi permainan tradisional freepik.com/storiesIlustrasi permainan tradisional

KOMPAS.comPermainan tradisional muncul dari budaya yang sudah tertanam di masyarakat. Permainan ini memiliki banyak nilai yang dapat kita ambil dan pelajari.

Selain itu, permainan tradisional juga tergolong mudah dan tidak membutuhkan biaya banyak untuk dilakukan.

Dikutip dari buku Kembangkan Toleransi melalui Permainan Tradisional (2020) karya Benedicta Rani Nugraheni dan Gregorius Ari Nugrahanta, permainan tradisional ialah proses pemainan yang dilakukan dengan menggunakan alat sederhana atau tanpa alat elektronik.

Nilai permainan tradisional

Menurut Huri Yani dalam buku Permainan Tradisional Anak Negeri (2018), permainan tradisional mengandung banyak nilai.

Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradisional, sebagai berikut: 

  • Nilai kerja sama

Ketika bermain permainan tradisional, kita memainkannya bersama teman atau orang lain. Permainan tersebut akan menumbuhkan nilai kerja sama di dalam diri kita agar bisa kompak satu sama lain dan akhirnya memenangkan permainan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

  • Nilai kebersamaan

Permainan tradisional juga menumbuhkan rasa kebersamaan lewat kekompakan dan kerja sama. Selain itu, permainan ini juga akan membuat hubungan pertemanan semakin erat.

  • Nilai solidaritas

Solidaritas bisa dimaknai sebagai perasaan setia kawan. Permainan tradisional juga menumbuhkan rasa solidaritas. Contohnya ketika kalah bermain, teman sekelompok akan menerima kekalahan dan saling menghibur satu sama lain dalam kelompoknya.

  • Nilai kepemimpinan

Tanpa disadari permainan tradisional juga menumbuhkan nilai kepemimpinan. Nilai ini melatih seseorang untuk bisa mengatur anggota kelompoknya dan menyusun strategi yang jujur serta adil untuk memenangkan permainan.

  • Nilai tenggang rasa

Tenggang rasa artinya bisa menghormati orang lain. Permainan tradisional juga mengandung nilai ini yang membuat orang belajar bagaimana cara menghormati dan menghargai orang lain.

  • Nilai kejujuran

Permainan tradisional juga melatih kejujuran seseorang. Artinya tidak berbuat curang untuk memenangkan permainan dan mengaku jika melakukan kesalahan.

Baca juga: Gerakan Rebound dalam Permainan Basket

Cara melestarikannya

Permainan tradisional diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang. Sayangnya, permainan ini mulai tergerus arus perkembangan zaman.

Sudah seharusnya kita membantu pelestarian permainan tradisional sebagai salah satu warisan budaya yang dimiliki Indonesia.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan permainan tradisional beserta nilai-nilainya:

  1. Tetap memainkan permainan tradisional
    Cara pertama ialah dengan tetap memainkan permainan ini. Permainan ini bisa dilakukan dengan mengajak teman untuk berkumpul dan bermain.
  2. Mengadakan kegiatan khusus untuk permainan tradisional
    Cara lainnya ialah dengan mengadakan kegiatan khusus untuk permainan tradisional. Contohnya kegiatan pengenalan dan kompetisi permainan tradisional.
  3. Membuat permainan tradisional menjadi lebih menyenangka
    Permainan tradisional juga bisa dilestarikan dengan dikenalkan melalui cara yang lebih menyenangkan dan unik. Sehingga anak-anak lebih tertarik untuk memainkannya.
  4. Melakukan sosialisasi tentang permainan tradisional
    Sosialisasi permainan tradisional juga penting untuk dilakukan. Supaya anak-anak jauh lebih baik dalam mengenal permainan tradisional dan ikut memainkannya.

Baca juga: Formasi dalam Permainan Softball


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X