Kompas.com - 21/07/2021, 11:58 WIB
Ilustrasi pengertian VLAN, fungsi, jenis, dan cara kerjanya KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian VLAN, fungsi, jenis, dan cara kerjanya

KOMPAS.com – Dalam suatu area seperti kantor dan juga kampus, biasanya digunakan LAN (Local Area Network) agar komputer bisa terhubung satu sama lain tanpa adanya kebocoran jaringan. LAN menggunakan perangkat hub dan repeater.

Namun hub dan repeater dalam proses pengiriman data dinilai lama (boros waktu), sehingga dapat digunakan perangkat switch. Switch dapat menghubungkan lebih dari satu LAN dan jaringan tersebut disebut dengan VLAN (Virtual Local Area Network).

Dilansir dari Techopedia, definisi VLAN adalah jaringan yang memungkinkan komputer dan pengguna untuk berkomunikasi dalam satu lingkungan geografis seolah-olah mereka ada dalam satu LAN dan berbagi domain broadcasr juga multicast tunggal.

Fungsi VLAN

Beberapa fungsi VLAN, yaitu:

  • Efisiensi

VLAN berfungsi untuk meningkatkan performa jaringan, sehingga lalu lintas informasipun terjadi dengan efisien.

VLAN tidak menggunakan router yang membutuhkan banyak pemrosesan, namun switch yang lebih mudah penggunaanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

VLAN membuat domain siaran dan bisa mengaturnya. Berfdasarkan laman Computer Science & Engineering Washington University, VLAN dapat mengurangi kebutuhan untuk mengirim broadcast ke tujuan yang tidak perlu. Secara spesifik VLAN dapat mengirim ke pengguna yang dibutuhkan saja sehingga menghemat waktu.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian dan Manfaatnya

  • Menyatukan lebih dari satu LAN

VLAN berfungsi menyatukan lebih dari satu LAN, sehingga antar LAN bisa berkomunikasi. VLAN tidak menggunakan kabel, melainkan hanya mengkonfigurasi secara virtual sehingga dinilai lebih hemat.

Menyatukan lebih dari satu LAN dengan VLAN dapat mencegah tabrakan domain dan juga mencegah pemborosan IP.

Dengan VLAN, LAN bisa berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Misalnya suatu universitas memiliki banyak gedung dengan tiap gedung memiliki LAN-nya masing-masing.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X