Kompas.com - 19/07/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi tokoh pelukis aliran surealisme di dunia freepik.com/pikisuperstarIlustrasi tokoh pelukis aliran surealisme di dunia

KOMPAS.comSurealisme menimbulkan kesan alam mimpi bagi penikmat seninya. Jenis karya seni ini menghadirkan hubungan yang sifatnya kontradiksi antara mimpi dan kenyataan lewat penggambaran obyeknya.

Surealisme pertama kali diperkenalkan oleh Guillaume Apollinaire, pada 1917. Menurut Sofyan Salam dan teman-teman dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020), surealisme merupakan suatu gerakan dalam dunia sastra, film, dan seni rupa.

Karya seni rupa beraliran surealisme menggambarkan alam pikiran manusia yang berada di bawah alam sadar. Jenis aliran ini menggunakan pendekatan teori psikologi Sigmund Freud, yang menyatakan jika alam pikiran manusia terdiri atas alam sadar dan bawah sadar.

Dikutip dari jurnal Lampu sebagai Simbol dalam Seni Lukis Surealis (2017) karya M. Yasir, karya seni rupa aliran surealisme memiliki beberapa ciri, yaitu terkesan bebas, menampilkan sesuatu yang aneh dan asing, memberi perspektif yang membingungkan, serta berhubungan dengan fantasi.

Baca juga: Tokoh Pelukis Beraliran Naturalisme

Pelukis aliran surealisme di dunia

Perkembangan aliran surealisme di bidang karya seni rupa tentunya tidak dapat dipisahkan dari peran pelukis di dunia. Siapa sajakah tokoh pelukisnya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Salvador Dalí 1939wikipedia.org/Carl Van Vechten photograph collection Salvador Dalí 1939
    Salvador Dali

Melansir dari Encyclopaedia Britannica, Salvador Dali memiliki nama lengkap Salvador Felipe Jacinto Dali y Domenech lahir pada 11 Mei 1904. Salvador Dali menjadi salah satu pelukis aliran surealisme yang terkenal di dunia.

Salah satu karya Salvador Dali yang paling terkenal ialah ‘The Persistence of Memory’. Lukisan ini menampilkan lukisan jam yang seolah meleleh di padang tandus. Selain lukisan ini, Salvador juga memiliki karya lainnya yang berjudul 'The Elephants' (1948), 'Lobster Telephone' (1936), 'The Temptation of St. Anthony' (1946), dan 'The Great Masturbator' (1929).

  • Rene Magritte

Rene Magritte, seniman asal Belgia, lahir pada 21 November 1898. Ia merupakan pelukis aliran surealisme yang cukup terkenal, selain Salvador Dali. Beberapa karya seninya yang cukup dikenal ialah 'The Son of Man' (1964), 'Golconda' (1953), 'The Lovers' (1928), dan 'The False Mirror' (1928).

Baca juga: Aliran Seni Lukis dan Tokohnya

  • Andre Masson

Andre Masson lahir pada 4 Januari 1896. Andre Masson dikenal sebagai salah satu tokoh pelukis aliran surealisme yang karyanya cukup dikenal di dunia. Beberapa contoh karyanya adalah 'Gradiva' (1939), 'Automatic Drawing' (1924), 'Birth of Birds' (1925), dan 'In the Tower of Sleep' (1938).

  • Joan Miro

Joan Miro lahir pada 20 April 1983. Ia merupakan seorang pelukis beraliran surealisme. Beberapa contoh karyanya yang cukup dikenal adalah 'The Beautiful Bird Revealing the Unknown to a Pair of Lovers' (1941), 'Women and Birds at Sunrise' (1946), 'Ciphers and Constellations in Love with a Woman' (1941), 'Still Life with Old Shoe' (1937), dan 'The Birth of the World' (1925).

Selain keempat pelukis di atas, masih ada beberapa pelukis aliran surealisme lainnya, yakni Marc Chagall, Jean Arp, Max Ernst, Paul Klee, Yves Tanguy, serta Roberto Matta.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.