Kompas.com - 14/07/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi tulang manusia science alertIlustrasi tulang manusia

KOMPAS.com – Tulang adalah alat gerak pasif manusia. Tanpa adanya tulang, manusia tidak akan bisa bergerak dan beraktivitas.

Orang dewasa memiliki 260 tulang, sedangkan bayi baru lahir memiliki lebih dari 300 tulang. Tahukah kamu bagaimana proses pembentukan tulang pada manusia? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Pembentukan tulang pada tubuh manusia dimulai ketika manusia masih berupa embrio berusia enam atau tujuh minggu dalam rahim ibu.

Proses pembentukan tulang disebut dengan osteogenesis atau osifikasi, terbagi menjadi dua jenis yaitu osifikasi intramembran dan osifikasi endokodral.

Osifikasi intramembran

Osifikasi intramembran adalah proses pembentukan tulang dari jaringan mesenkim yang dikonversi secara langsung (tidak terdiferensiasi).

Baca juga: Tulang Rawan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses osifikasi intramembran dimulai dengan sel-sel mesenkim berkumpul dan menjadi sel khusus seperti kapiler, sel osteogenik, dan juga osteoblas. Osteoblas inimah yang akan menjadi pusat pembentukan tulang.

J. Gordon Betts dalam buku Anatomy and Physiology (2013) menyebutkan osteoblas mensekresikan osteoid, matriks yang tidak terklasifikasi dan mengapur (mengeras membentuk tulang) dalam beberapa hari karena garam mineral yang diendapkan di atasnya menjebak osteoblas di dalamnya.

Osteoblas yang tertanam tersebut berubah menjadi osteosit. Sementara sel-sel osteogenik disekitarnya akan berubah menjadi osteoblas yang baru di bagian tepi tulang yang sedang tumbuh. Osteoid akan membentuk matriks trabekular yang akan terus menebal membentuk tulang keras.

Sedangkan osteoblast akan membentuk lapisan seluler periosteum. Lapisan periosteum kemudian membentuk tulang spons. Tulang spons kemudian memenuhi pembuluh darah dan berubah menjadi tulang sumsum merah.

Pada proses awal osifikasi di dalam jaringan tulang yang terbentuk terdapat pembuluh darah fungsi dari pembuluh darah tersebut adalah untuk membentuk trabeculae yang kemudian menjadi tulang spongiosa. 

Halaman:

Sumber Embryology
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.