Kompas.com - 12/07/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi pengertian dan contoh birokrasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian dan contoh birokrasi

KOMPAS.com - Dalam suatu negara, birokrasi diperlukan sebagai sarana administrasi yang dapat meningkatkan kinerja masyarakat.

Pengadaan birokrasi diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup serta mendapat kemudahan dalam hal pelayanan pemerintah.

Menurut Muhammad Sawir dalam buku Birokrasi Pelayanan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi (2020), secara etimologi, birokrasi diambil dari kata “bureau” dalam Bahasa Prancis dan “kratos” dalam Bahasa Yunani.

“Bureau” berarti meja tulis. Sedangkan “kratos” artinya pemerintahan. Maka dapat disimpulkan jika birokrasi merupakan sekumpulan orang yang bekerja di balik meja tulis, baik di perkantoran ataupun bidang pemerintahan.

Baca juga: Level Pemerintahan Terendah di Indonesia

Apabila dilihat dalam bidang politik atau pemerintahan, birokrasi diartikan sebagai perwujudan aparat pemerintahan negara dalam melakukan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan lewat serangkaian tahapan yang telah ditentukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Definisi birokrasi menurut para ahli

Beberapa para ahli terkemuka menyampaikan definisi birokrasi menurutnya. Berikut penjelasannya:

  • Max Weber

Dalam jurnal Manajemen Strategik Birokrasi dalam Era “Disruption” (2018) karya Wawan Risnawan, dituliskan jika Max Weber mendefinisikan birokrasi sebagai bentuk organisasi yang penerapannya sesuai atau berhubungan dengan tujuan bersama yang ingin dicapai. Artinya birokrasi digunakan untuk mengorganisasikan pekerjaan secara teratur.

  • Fritz Morstein Marx

Definisi birokrasi menurut Fritz Morstein Marx, adalah tipe organisasi yang biasa digunakan pemerintahan modern untuk melaksanakan tugas yang sifatnya spesialis, dilakukan oleh aparatur pemerintah dalam suatu sistem administrasi.

  • Blau dan Page

Dikutip dari buku Birokrasi (Kajian Konsep, Teori menuju Good Governance) (2018) karya Muhammad, Blau dan Page menjelaskan birokrasi sebagai tipe organisasi yang digunakan untuk menjalankan tugas administratif yang besar, dengan cara mengoordinasikan pekerjaan banyak orang secara sistematis atau teratur.

  • Dwijowijoto

Definisi birokrasi menurut Dwijowijoto, ialah lembaga yang sifatnya sangat kuat dengan kemampuan peningkatan kapasitas potensial terhadap hal baik serta buruk, yang keberadaannya sebagai instrumen administrasi rasional yang netral.

Baca juga: Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia dengan Malaysia

Karakteristik birokrasi

Salah satu karakteristik utama dari birokrasi ialah biasanya digunakan oleh organisasi besar, seperti pemerintahan, dan sifatnya formal. Selain karakteristik tersebut, birokrasi memiliki sejumlah karakteristik lainnya, yaitu:

  1. Pekerjaannya sangat ketat dan berorientasi pada peraturan.
  2. Tugasnya bersifat spesialisasi atau khusus atau spesifik.
  3. Biasanya bersifat kaku dan sederhana.
  4. Penyelenggaraannya dilakukan secara resmi atau formal.
  5. Bersifat sentral atau terpusat.
  6. Biasanya tidak melanggar ketentuan yang telah disepakati.
  7. Bentuknya terstruktur. Artinya memiliki susunan organisasi yang jelas.
  8. Taat dan patuh terhadap peraturan atau ketentuan yang ada.
  9. Adanya kewenangan hierarki secara vertikal.
  10. Terkadang prosedur pelayanannya berbelit-belit sehingga menyulitkan proses pengambilan keputusan.

Baca juga: Kabinet Pemerintahan Indonesia dari Masa ke Masa

Jenis birokrasi

Birokrasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Birokrasi pemerintahan umum
    Adalah rangkaian organisasi pemerintahan yang menjalankan tugas pemerintahan yang sifatnya umum. Tugas ini bentuknya lebih mengarah ke regulative-function atau sifatnya mengatur. Contohnya bidang ketertiban dan keamanan.
  2. Birokrasi pembangunan
    Adalah rangkaian organisasi pemerintahan yang tugasnya lebih spesifik atau khusus. Tujuan tugas ini ialah untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat. Contohnya bidang pertanian, kesehatan, pendidikan, industri.
  3. Birokrasi pelayanan
    Adalah rangkaian organisasi pemerintahan yang berhubungan dengan masyarakat. Fungsi utamanya ialah untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Contohnya bidang pelayanan publik (pembuatan KTP), pengurusan paspor, dan lain sebagainya.

Contoh birokrasi

Contoh birokrasi bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya Pemerintah Daerah, yang merupakan bentuk birokrasi di bidang pemerintahan umum.

Contoh lainnya ialah rumah sakit dan sekolah, sebagai bentuk birokrasi di bidang pembangunan. Atau seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yang merupakan bentuk birokrasi di bidang pelayanan.

Baca juga: Pembagian Urusan Pemerintahan Pusat dan Daerah


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.