Kompas.com - 10/07/2021, 12:36 WIB
Somarroy, Tempat Tanpa Zona Waktu pinterest.com Somarroy, Tempat Tanpa Zona Waktu

KOMPAS.com - Sekitar tahun 2019, warga Sommaroy Island, Norwegia, ingin mendeklarasikan diri sebagai wilayah pertama di dunia yang tidak memiliki waktu atau yang sering disebut zona bebas waktu (time free zone).

Dilansir dari situs National Public Radio (NPR), Sommaroy Island berbeda dengan negara atau kepulauan lainnya. Sinar matahari terus bersinar di kawasan ini, meskipun jam sudah menunjukkan tengah malam.

Saat pukul 12 malam, warga Sommaroy masih terus beraktivitas. Mulai dari bermain, bekerja hingga bersosialisasi dengan penduduk lainnya. Hal ini dikarenakan matahari masih terus bersinar dan mereka enggan tidur.

Matahari selalu bersinar di Sommaroy sejak tanggal 18 Mei hingga 26 Juli atau sekitar 69 hari. Hal ini terus terjadi tiap tahunnya, dan matahari hampir tidak pernah tergantikan oleh bulan, meskipun malam tiba.

Langit selalu cerah, sehingga warga Sommaroy hampir tidak bisa membedakan kapan malam tiba dan pagi datang, kecuali mereka memastikannya lewat jam.

Baca juga: Islandia, Negara Tanpa Nyamuk

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Atas alasan inilah warga Sommaroy membuat petisi untuk ‘menghilangkan’ zona waktu di kawasan ini, dan mengajukannya ke parlemen Norwegia.

Ingin bebas dari zona waktu

Sommaroy merupakan desa nelayan tua yang terletak sejauh 36 kilometer di bagian barat Kotamadaya Tromso, daerah Troms og Finnmark, Norwegia.

Sommaroy menjadi salah satu kawasan wisata favorit dan populer karena keindahan pantai serta pemandangannya.

Dikutip dari CNN, nama ‘Sommaroy’ jika diartikan memiliki makna ‘Summer Island’. Karena musim panas berlangsung hampir sepanjang tahun.

Letak geografis pulau ini berada di Lingkaran Arktik, sehingga jadwal waktunya menjadi tidak menentu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.