Kompas.com - 08/07/2021, 15:30 WIB
Ilustrais perbedaan variabel bebas dan terikat KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrais perbedaan variabel bebas dan terikat

KOMPAS.com – Dalam suatu penelitian variabel pasti digunakan sebagai salah satu unsur dalam pengambilan data.

Variabel digunakan dalam penelitian berbgai bidang keilmuan dari mulai matematika, fisika, biologi, psikologi, sosiologi, edukasi, hingga keuangan.

Namun apakah variabel itu sebenarnya? Menurut Fred N. Kerlinger dalam Foundations of Behavioral Research 2nd Edition (1973) menyebutkan bahwa variabel adalah simbol yang diberikan untuk angka atau nilai yang diberikan. Misalnya x adalah variabel yang bisa diisi oleh angka maupun nilai.

Dalam penelitian analitik umumnya digunakan dua jenis variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Berikut adalah definisi variabel bebas dan terikat oleh para ahli:

  • Fred N. Kerilinger

Variabel bebas adalah variabel dalam suatu eksperimen yang dimanupulasi oleh peneliti. Adapun variabel terikat adalah variabel yang tidak dimanipulasi oleh peneliti dan memberikan efek yang sudah diduga oleh peneliti sejak awal.

Baca juga: Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Fraenkel dan Wallen

Jack R. Fraenkel dan Norman E. Wallen dalam buku How to Design and Evaluate Research in Education (2009), menyebutkan bahwa variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat, sedangkan variabel terikat adalah variabel yang terpengaruh oleh satu atau lebih variabel bebas.

  • Sugiyono

Menurut Sugiyono dalam bukur Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2011), menyebutkan bahwa variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel terikat.

Untuk variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.

Perbedaan variabel bebas dan variabel terikat

Variabel bebas dan variabel terikat merupakan dua variabel kunci dalam suatu penelitian. Yang membedakan variabel bebas dan variabel terikat adalah hubungannya satu sama lain.

Dilansir dari Thought Co, jika variabel bebas berubah, maka variabel terikat akan ikut berubah atau terpengaruh.

Kebalikannya, variabel bebas tidak terpengaruh oleh nilai variabel terikat. Sehingga variabel bebas adalah variabel yang berdiri sendiri dalam suatu eksperimen, sedangkan variabel terikat tidak bisa hadir tanpa adanya variabel bebas.

Baca juga: Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel

Dalam grafik matematika biasanya variabel bebas disimbolkan dengan X dan diplot pada sumbu X horizontal. Sedangkan, variabel terikat biasanya disimbolkan dengan Y dan di plot pada sumbu Y vertikal.

Misalnya dalam suatu eksperimen pertumbuhan tanaman terhadap kondisi terang dan gelap. Cahaya yang terang dan gelap adalah variabel terikat, sedangkan pertumbuhan tumbuhan pada kondisi gelap atau terang adalah variabel terikat.


Sumber Thought Co
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.