Kompas.com - 05/07/2021, 11:56 WIB
Ilustrasi mesin turing KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi mesin turing

KOMPAS.com - Perkembangan komputer saat ini tidak terlepas dari jasa Alan Mathison Turing yang menciptakan mesin turing. Penemuannya ini menghasilkan komputer modern yang digunakan manusia hingga saat ini.

Alan Turing menggunakan bidang ilmu matematika dan sains untuk menciptakan temuannya ini. Mesin turing merupakan contoh umum dari CPU yang mana bisa mengatur seluruh manipulasi data yang dikerjakan komputer.

Mesin turing menunjukkan bahwa kita dapat menggunakan sistem untuk melakukan perhitungan matematis.

Sejarah mesin turing

Mengutip dari buku Sejarah Komputer (2019) karangan MiftaChun Nur, pada 1936, Alan Turing mempublikasikan konsep ‘On Computable Numbers’. Konsep ini berisikan tentang mesin penghitung yang kemudian disebutnya dengan istilah The Turing Machine.

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

Mesin turing merupakan bentuk model matematis sederhana untuk komputer. Mesin ini bisa digunakan untuk menghitung kelas bilangan bulat. Walau tergolong sederhana, namun penemuan Alan Turing ini dapat menggambarkan komputer general purpose.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut A. W. Aranski dalam buku Teori Bahasa dan Otomata (2018), mesin turing tidak hanya digunakan secara matematis saja, melainkan juga sangat berperan sebagai pengenal bahasa formal. Contohnya non-restricted language atau recursively enumerable set.

Definisi mesin turing

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, mesin turing merupakan perangkat komputasi hipotesis. Mesin ini memanipulasi berbagai simbol yang ada pada garis tape, sesuai dengan tabel aturan yang dimilikinya.

Selain itu, mesin turing juga dapat diartikan sebagai mesin yang memiliki kemampuan perhitungan sejumlah kelompok alfabet. Mesin ini memiliki tape dan tidak terbatas. Hal ini memungkinkan mesin turing untuk melakukan baca tulis.

Baca juga: Langkah-Langkah Sebelum Menginstal Komputer

Contoh mesin turing

Contoh paling mudah dari mesin turing ialah string 0 dan 1. Dalam mesin ini, 0 mewakili simbol kosong. Perannya untuk menggandakan tiap rangkaian 1 yang ada pada tape atau kaset. Ketika menulis 0 di antara angka 1, maka akan menghasilkan output.

Misalnya menulis: 1 1 1 (kemudian diberi ‘0’ setelah ‘1’, dan kemudian tambahkan ‘1 1 1’ di bagian belakang ‘0’. Hasil output-nya akan terlihat seperti ini: ‘ 1 1 1 0 1 1 1’. Penulisan angka '0' dan '1' bertujuan untuk menjalankan proses komputasi di mesin turing.

Agar lebih jelas, mari kita lihat gambar di bawah ini:

Wikimedia Commons/Wdvorak Contoh mesin turing

Garis panjang dan kotak berwarna hijau merupakan garis tape. Untuk menjalankan program komputasi di mesin turing, pengguna harus memasukkan angka '1' dan '0'.

Baca juga: Prinsip dan Cara Kerja Komputer


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.