Kompas.com - 01/07/2021, 12:50 WIB
Ilustrasi pendapatan per kapita freepik.com/tatoenjoyIlustrasi pendapatan per kapita

KOMPAS.com - Perhitungan pendapatan per kapita di suatu negara sangatlah penting. Karena perhitungan ini menentukan tingkat perekonomian serta pendapatan yang dimiliki masyarakatnya. Pendapatan per kapita sering juga disebut Gross Domestic Product atau GDP.

Secara garis besar, pendapatan per kapita dijadikan indikator untuk mengetahui tingkat kesejahteraan atau kemakmuran negara. Jika GDP nya semakin tinggi, maka negara tersebut bisa dikatakan semakin sejahtera atau makmur.

Pendapatan per kapita menjadi alat ukur yang paling tepat digunakan untuk melihat tingkat kesejahteraan penduduk suatu negara.

Pengertian pendapatan per kapita

Menurut Patta Rapanna dan Zulfikry Sukarno dalam buku Ekonomi Pembangunan (2017), pendapatan per kapita merupakan rata-rata pendapatan yang diperoleh penduduk di suatu daerah atau negara.

Pendapatan per kapita digunakan untuk mengetahui keberhasilan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, perhitungan GDP juga dijadikan dasar bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan ekonominya.

Baca juga: Apa Itu Gross Domestic Product (GDP)?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fungsi pendapatan per kapita

Dikutip dari Buku Ajar Teori Ekonomi Makro (2018) karya Sattar dan Silvana Kardinar Wijayanti, perhitungan GDP atau pendapatan per kapita memiliki sejumlah fungsi penting, yakni:

  1. Untuk mengetahui tingkat kemakmuran suatu negara
    Pehitungan GDP akan menghasilkan kisaran rata-rata pendapatan suatu negara. Dari perhitungan ini bisa dilihat apakah masyarakat di negara tersebut sudah makmur atau belum.
  2. Untuk mengetahui hasil rangkaian kegiatan ekonomi negara selama satu tahun
    Perhitungan GDP juga bisa digunakan untuk mencari tahu hasil dari kegiatan ekonomi yang dilakukan pemerintah dan masyarakat selama satu tahun.
  3. Untuk membuat kebijakan di masa yang mendatang
    Perhitungan GDP akan mencerminkan kondisi kesejahteraan negara tersebut. Dari hasil ini, pemerintah bisa menentukan kebijakan yang dirasa sesuai untuk mempertahankan atau mendorong pembangunan ekonominya.
  4. Untuk menggambarkan situasi ekonomi di suatu negara
    Perhitungan GDP bisa dijadikan sumber informasi dan melakukan analisis untuk mengetahui serta menggambarkan situasi ekonomi di suatu negara, termasuk kekuatan serta kelemahannya.

Baca juga: Apa Itu Redistribusi Pendapatan?

Komponen pendapatan per kapita

Ada dua komponen penting dalam pendapatan per kapita, yaitu pendapatan nasional serta jumlah penduduk di suatu negara. Berikut penjelasannya:

  • Pendapatan nasional

Dalam buku Ensiklopedia Pendapatan Nasional (2019) karya Chabibah, disebutkan jika pendapatan nasional adalah pendapatan atau penghasilan yang diterima negara dalam jangka waktu satu tahun.

Pendapatan nasional berpengaruh pada pendapatan per kapita. Jika pendapatan nasionalnya tinggi, biasanya pendapatan per kapita juga tinggi.

  • Jumlah penduduk

Merupakan total penduduk dalam suatu negara atau wilayah. Apabila jumlah penduduknya rendah dan pendapatan nasionalnya tinggi, bisa dikatakan jika pendapatan per kapitanya tinggi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.