Kompas.com - 30/06/2021, 22:01 WIB
lustrasi jenis-jenis karya ilmiah freepik.com/pch.vectorlustrasi jenis-jenis karya ilmiah

KOMPAS.com – Karya ilmiah adalah tulisan atau karangan yang disusun secara sistematis dan logis yang berisikan ilmu pengetahuan.

Karya tulis ilmiah berisikan berbagai macam ilmu pengetahuan yang dituliskan secara sistematis sesuai dengan metodologi penelitian yang digunakan.

Karya tulis ilmiah memiliki isi yang bervariatif tergantung pada jenis karyanya. Berikut jenis-jenis karya ilmiah: 

  • Artikel ilmiah

Artikel ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang berisi artikel tentang suatu penelitian maupun penjelasan atas suatu ilmu pengetahuan.

Dilansir dari Newton Gresham Library, artikel ilmiah menyajikan temuan penelitian oleh para peneliti dan ilmuan dengan referensi karya sebelumnya pada bidang studi yang sama.

Baca juga: Perbedaan antara Topik dan Judul dalam Karya Ilmiah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Makalah

Arifin E Zanal dalam buku berjudul Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah: Lengkap dengan Kaidah Bahasa Indonesia yang Benar Untuk Perguruan Tinggi (2000) menyebutkan bahwa makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris dan obyektif.

Data empiris terebut biasanya dianalisis secara obyektif dan logis oleh pembuat makalah sesuai dengan bidang ilmu pengetahuannya. Makalah adalah karya tulis yang paling sering dibuat mulai dari siswa sekolah dasar hingga mahasiswa perguruan tinggi.

  • Kertas kerja

Kertas kerja adalah karya ilmiah yang menganalisis data yang bersifat empiris dan obyektif seperti halnya makalah.

Perbedaanya adalah kertas kerja menganalisis data secara lebih mendalam juga terperinci. Hal tersebut dilakukan karena kertas kerja biasanya menjadi bahan diskusi dalam sidang maupun seminar ilmu pengetahuan.

  • Skripsi

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa di tingkat Sarjana (S1). Skripsi berisi penelitian serta pembahasan suatu topik dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.