Kompas.com - 30/06/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi pernapasan freepik.com/eddows-animatorIlustrasi pernapasan

KOMPAS.com – Tubuh manusia terbentuk dari berbagai organ dan sel yang saling bekerja sama untuk membangun fungsi tubuh. Keseluruhan kerja sama tersebut dapat terjalin karena keberadaan sistem saraf.

Sistem saraf menghubungkan otak juga sum sum tulang belakang yang berperan sebagai otak ke seluruh tubuh manusia.

Ada dua jenis sistem saraf yang bekerja pada tubuh manusia, yaitu sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik. Kedua sistem saraf tersebut bekerja secara berlawanan agar dapat mempertahnkan keseimbangan tubuh.

Sistem saraf simpatik adalah sistem saraf otonom yang bekerja di luar kesadaran tubuh (tidak sadar) dan berpangkal pada sumsum tulang belakang. Selain itu, sistem saraf simpatik mengatur kerja otot polos pada bronkus.

Dilansir dari Physiopedia, saraf simpatis berjalan sejajar dengan sumsum tulang belakang di kedua sisi kolom vertebral.

Baca juga: Kelistrikan pada Sel Saraf

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara kerja sistem saraf simpatik

physio-pedia.com Sistem saraf simpatik dalam tubuh manusia

Reseptor saraf di seluruh tubuh akan mengumpulkan informasi stress dan mengirimnya ke sumsum tulang belakang.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sistem saraf simpatik diaktifkan di bawah kondisi stres dan menghasilkan respons luar biasa yang disebut dengan respons “fight-or-flight”.

Misalkan ketika tubuh merasa dalam bahaya, stres tersebut akan dikirim ke otak melalui sumsum tulang belakang dan saraf kranial. Bagian otak yang disebut amigdala akan merespons dan mengaktifkan hipotalamus. Hipotalamus kemudian mengaktifkan sistem saraf simpatik.

Sistem saraf simpatik kemudian menyalakan kelenjar adrenalin dan mengsekresikan hormon adrenalin. Inilah mengapa saat manusia merasakan bahaya detak jantungnya menjadi cepat, napasnya menjadi pendek, dan berkeringat.

Fungsi saraf simpatik

Berikut adalah fungsi sistem saraf simpatik pada tubuh yang dilansir dari National Center for Biotechnology Information:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.