Kompas.com - 28/06/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi bilangan eksponen KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi bilangan eksponen

KOMPAS.com – Bilangan digunakan untuk menghitung berbagai macam benda dan kegiatan. Misalnya menghitung uang, menghitung jarak, dan menghitung luas.

Namun bagaimana jika hal yang dihitung memiliki jarak yang sangat panjang seperti jarak matahari dan bumi? Atau memiliki ukuran yang sangat kecil seperti sel darah?

Akan menyulitkan jika bilangan tersebut ditulis lengkap dan sangat panjang oleh karena itu biasanya digunakan bilangan eksponensial.

Dilansir dari Columbia University, bilangan eksponensial adalah bentuk singkatan matematika yang memungkinkan kita untuk menulis ekspresi matematika yang rumit dengan lebih ringkas.

Bilangan eksponen adalah bilangan yang dikalikan secara berulang-ulang dengan bilangan itu sendiri.

Baca juga: Bilangan Kuantum: Pengertian dan Macamnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eksponensial dituliskan dengan angka maupun huruf di sebelah kanan atas ekspresi matematika tertentu yang disebut dengan basis. Sedangkan bilangan eksponensial sering juga disebut pangkat.

Sifat-Sifat bilangan eksponensial

Bilangan eksponensial memiliki sifat-sifat istimewanya sendiri sebagai berikut:

  • a¹ =a

ekspresi matematika dengan eksponensial 1 atau dipangkatkan satu, hasilnya selalu ekspresi matematika sendiri. Contoh: 2¹ = 2, 67¹=67, dan 700¹=700.

  • aº=1

Dilansir dari University of Minnesota, ketika eksponen adalah nol, maka berapapun angkanya ekspresinya akan selalu sama dengan satu. Contoh: 2º=1

Selain eksponensial satu dan nol yang sering disebut dengan kekuatan satu dan kekuatan nol, berikut adalah sifat eksponensial pada perkalian, pembaian, pangkat ganda, juga eksponensial pecahan:

Sifat-sifat bilangan eksponensialKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Sifat-sifat bilangan eksponensial

Contoh soal penyelesaian bilangan eksponensial:
Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Contoh soal eksponensial

Baca juga: Menentukan Bilangan Kuantum

Untuk mengerjkan persamaan tersebut, perlu diingat sifat eksponensial kekuatan negatif (aturan 8). Sehingga 1/6 dapat diubah menjadi 6^-1. Adapun 36 merupakan hasil dari 6^6, maka solusi soal tersebut adalah:

Penyelesaian contoh soal bilangan eksponensialKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Penyelesaian contoh soal bilangan eksponensial


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.