Kompas.com - 26/06/2021, 15:00 WIB
Paus Beluga, hewan yang dapat berkomunikasi dengan manusia wikipedia.org/Javier Yaya Tur / CIUDAD DE LAS ARTES Y LAS CIENCIASPaus Beluga, hewan yang dapat berkomunikasi dengan manusia
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.comPaus beluga dikenal sebagai hewan yang sagat cerdas, mereka juga sangat peka terhadap suasana hati manusia.

    Menurut penelitian terbaru, paus beluga belajar berbicara dalam bahasa manusia. Paus pertama yang diketahui berbicara dalam bahasa manusia adalah NOC.

    Penemuan ini dilatar belakangi Amerika Serikat yang mengerahkan mamalia laut untuk deteksi ranjau dan pemulihan torpedo.

    Angkatan laut Amerika membutuhkan paus beluga untuk dilatih agar dapat menemukan dan membawa kembali torpedo yang tengglam di perairan dingin kutub utara.

    Untuk itu Angkatan laut mencari paus beluga di lepas pantai Pasifik Kanada. Dilansir dari Smithsonian Magazine, enam beluga ditangkap antara tahun 1977 dan 1980, di antaranya ada anak paus berkelamin jantan yang dinamakan Noc.

    Noc lalu menjalani sepanjang hidupnya di penangkaran National Marine Mammal Foundation di San Diego.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Baca juga: Bowhead Whale, Mamalia Laut dengan Umur Terpanjang

    Sekitar tahun 1984 para peneliti seringkali mendengar suara dua orang yang sedang bercakap-cakap dengan nada rendah di sekitar tangki air NOC.

    Awalnya peneliti mengira itu adalah suara manusia, tapi ternyata tidak ada siapapun di sekitar tangki paus beluga.

    Suatu ketika seorang penyelam angkatan laut bernama Miles Bragget masuk ke dalam tangki NOC, lalu ia tiba-tiba keluar dari tangki dan berkata “siapa yang menyuruhku keluar?”.

    Bragget mengira temannya menyuruhnya untuk keluar dari tangki. Namun ternyata suara itu berasal dari NOC yang terus-menerus berkata “out” berkali-kali pada penyelam tersebut.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.