Kompas.com - 24/06/2021, 12:00 WIB
Salah satucontoh bentuk flowchart tentang olahraga di rumah freepik.com/macrovectorSalah satucontoh bentuk flowchart tentang olahraga di rumah

KOMPAS.com - Definisi flowchart adalah diagram alir yang tersusun dari bagan dengan berbagai bentuk. Dilansir dari Lumen Learning, flowchart mewakili suatu algoritma, alur kerja, ataupun proses yang menunjukkan langkah-langkah suatu kegiatan.

Flowchart berfungsi untuk menggambarkan secara jelas suatu alur pekerjaan dan kerangka acuan dalam pengambilan keputusan.

Flowchart dinilai dapat meringkas suatu alur menjadi lebih mudah dipahami dan dianalisa berdasarkan urutan serta langkah dari suatu proses.

Baca juga: Diagram Gambar: Pengertian, Tujuan, Contoh, dan Cara Membacanya

Jenis-jenis flowchart

Berdasarkan kegunaannya, flowchart terdiri dari beberapa jenis yaitu flowchart sistem, flowchart dokumen, flowchart program, flowchart proses, dan flowchart program. Berikut penjelasannya:

  • Flowchart sistem

Dilansir dari BBC, flowchart sistem menggambarkan bagaimana tahapan kerja suatu data mengalir dalam sistem dan bagaimana keputusan diambil untuk mengendalikan suatu peristiwa. Flowchart sistem menggambarkan suatu sistem kerja (tahapan dan produser) secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Flowchart dokumen

Flowchart dokumen mengggambarkan alur keseluruhan dari suatu dokumen. Flowchart dokumen memberikan gambaran keseluruhan isi dokumen tanpa harus membacanya terlebih dahulu, juga membantu orang yang akan membaca dokumen untuk lebih memahaminya.

  • Flowchart skematik

Flowchart skematik adalah flowchart yang menggambarkan suatu skema. Flowchart skematik mirip dengan flowchart sistem, bedanya flowchart skematik menjelaskan bagian dari flowchart sistem secara lebih jelas dan prosedural.

  • Flowchart proses

Flowchart proses adalah diagram yang menggambarkan proses dilakukannya suatu kegiatan. Biasanya flowchart proses digunakan dalam produksi di bidang industri sebagai unsur dari analisi sistem produksi.

Baca juga: Diagram Garis: Pengertian, Cara Membuat dan Membacanya

  • Flowchart program

Flowchart program merupakan diagram yang menggambrakan alur pemrograman atau algoritma. Flowchart program digunakan sebagai patokan dalam membuat listring program menggunakan bahas komputer, oleh karenanya flowchart program sering disebut dengan notasi algoritma.

Contoh Flowchart

Flowchart login aplikasi instagramKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Flowchart login aplikasi instagram

Halaman:

25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X