Kompas.com - 24/06/2021, 11:00 WIB
Jenis-jenis zat campuran berdasarkan sifatnya KOMPAS.com/Gischa PrameswariJenis-jenis zat campuran berdasarkan sifatnya

KOMPAS.com - Ketika ingin membuat kopi, kita akan mencampur serbuk kopi, gula, dan juga air panas lalu mengaduknya. Menghasilkan secangkir kopi yang manis dan panas.

Dalam ilmu kimia, kopi yang dihasilkan tersebut disebut dengan zat campuran. Zat campuran adalah zat yang terdiri dari dua atau lebih zat yang tercampur.

Zat campuran berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Untuk mengetahui pengertian dan contoh dari campuran homogen dan heterogen, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Campuran homogen

Homogen berasal dari bahasa Yunani “homos” yang berarti sama sehingga secara harfiah homogen adalah campuran yang terlihat sama.

Baca juga: Perbedaan Zat Tunggal dan Campuran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Thought Co, komposisi campuran homogen adalah seragam dalam seluruh campurannya karena hanya terdiri dari satu fase.

Campuran homogen akan terdiri dari dua atau lebih zat yang tercampur menjadi satu fase dan tidak terlihat terpisah satu sama lain.

Contoh campuran homogen yang paling akrab dengan manusia adalah udara. Udara tidak hanya terdiri dari oksigen, melainkan campuran dari gas karbon dioksida dan nitrogen.

Bahkan sering kali udara mengandung gas lain yang bau. Walaupun terdiri dari banyak gas, karena gas tersebut memiliki fasa yang sama (fasa gas) maka kita tidak bisa membedakannya namun tetap mencium bau yang berbeda saat ada gas lain yang masuk.

Selain udara, contoh dari campuran homogen adalah air gula, air garam, sabun cair, sampo, baja, cuka, minuman ringan, air teh, air laut, dan berbagai larutan homogen lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X