Kompas.com - 23/06/2021, 11:00 WIB
Pegunungan Sirkum Pasifik atau lebih dikenal dengan sebutan Ring of Fire wikipedia.org/Gringer Pegunungan Sirkum Pasifik atau lebih dikenal dengan sebutan Ring of Fire

KOMPAS.com - Bumi memiliki lanskap geografis yang bermancam-macam, dari mulai pegunungan, lembah, ngarai, laut,sungai, teluk, pantai, gurun, savanah, dan juga stepa.

Namun tahukah kamu bahwa terdpat dua barisan pegunungan utama di dunia, yaitu pegunungan Sirkum Mediterania dan pegununungan Sirkum Pasifik.

Pegunungan Sirkum Mediterania dan pengunungan Sirkum Pasifik terbentuk karena adanya proses patahan. Berikut penjelasannya:

Pegunungan Sirkum Mediterania

Pegunungan Sirkum Mediterania sering disebut dengan Alpine-Himalayan belt karena merupakan barisan pegunungan yang menghubungkan pegunungan Himalaya dan Alpen.

Baca juga: Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Asia

Pegunungan Sirkum Mediterania adalah barisan gunung yang terbentang sejauh 1.500 mil dari Eropa, Timur Tenga, Asia, hingga Afrika Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pegunungan Sirkum Mediterania terbentuk akibat terjadinya zona orogenik. Dilansir dari World Atlas, zona orogenik adalah tempat lempeng tektonik saling mendorong dan mengangkat kerak bumi ke atas.

Pangeanps.gov Pangea

Pegunungan Sirkum Mediterania atau Alpine-Himalayan Belt terbentuk saat lempengan bumi bergerak sejak ratusan juta tahun yang lalu. 250 juta tahun yang lalu Bumi terdiri dari kumpulan benua yang bersatu dinamakan dengan Pangea.

Penampakan benua bumi modernnps.gov Penampakan benua bumi modern

Pangea kemudian berpisah karena adanya pergerakan lempeng tektonik. Dilansir dari U. S. National Park Service, Eropa, Afrika dan Amerika Selatan memisahkan diri dari Amerika Utara dan mulai membentu topologi bumi yang modern.

Lalu sekitar 100 juta tahun yang lalu Afrika dan India menabrak Eropa dan Asia sehingga membentuk pegunungan Sirkum Mediterania.

Tabrakan lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia (India)pubs.usgs.gov Tabrakan lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia (India)

Lempeng tektonik yang bertanggung jawab pada tabrakan tesebut adalah lempeng benua Eurasia dan lempeng benua Indo-Asutralia (India) yang mengakibatkan kolisi.

Baca juga: Jingshan dan Wycherproof, Gunung Terpendek di Dunia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X