Kompas.com - 16/06/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Tanda Kecakapan Umum freepik.comIlustrasi Tanda Kecakapan Umum

KOMPAS.com - Pramuka merupakan organisasi yang bertujuan untuk melatih siswa di luar lingkungan sekolah.

Pramuka mengajarkan berbagai keterampilan, membentuk kepribadiaan unggul, dan juga budi pekerti yang baik.

Oleh karena itu dalam Pramuka sering diadakan ujian keterampilan untuk mengevaluasi hasil dari latihan yang dijalani untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU).

Ujian tersebut dilaksanakan berdasarkan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU). Dilansir dari Kwartir Ranting Ngraho, Tanda Kecakapan Umum (TKU) adalah tanda kehormatan untuk penggalang Pramuka yang sudah dinyatakan lulus SKU.

Baca juga: Mengenal Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

SKU dalam Pramuka digunakan untuk membentuk kecakapan, kepandaian, keterampilan, ketangkasan, sikap, serta kemampuan seorang Pramuka sesuai dengan tingkatannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

TKU digunakan sebagai tanda kecakapan seorang Pramuka serta memberikan semangat dan juga dorongan untuk meningkatkan keterampilan.

Tingkatan Tanda Kecakapan Umum

TKU sendiri memiliki beberapa tingkatan yang sesuai dengan tingkatan Pramuka itu sendiri. Dilansir dari Pramukaria, tanda kecakapan terbagi untuk Pramuka siaga, Pramuka penggalang, Pramuka penegak, dan Pramuka pandega yang masing-masing memiliki tingkatannya sendiri:

  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Siaga terdiri dari tiga tingkatan yaitu TKU siaga mula, TKU siaga bantu, dan TKU siaga tata.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka penggalang terdiri dari tiga tingkatan yaitu TKU penggalang ramu, TKU penggalang rakit, dan TKU penggalang terap.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka penegak terdiri dari dua tingkatan yaitu TKU penegak bantara dan TKU penegak laksana.
  • Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka pandega hanya terdiri dari satu tingkatan, yaitu TKU pandega.

Baca juga: Kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang

Makna Tanda Kecakapan Umum

Makna dari Tanda Kecakapan Umum diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 058 tahun 1982 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Kecakapan Umum dalam BAB IV (Bahan, Bentuk, Ukuran, Gambar, dan Warna) pasal 12 sebagai berikut:

  • TKU Pramuka siaga

Kelopak bunga kelapa pada TKU digambarkan seperti mulai merekah yang diletakkan miring. Hal tersebut menyimbolkan Pramuka siaga sebagai tunas calon bangsa yang siap berkembang.

Kelopak bunga kelapa digambarkan miring karena walaupun merekah, bunganya akan tetap terikat pada batangnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X