Kompas.com - 10/06/2021, 13:40 WIB
Ilustrasi diagram gambar freepik.comIlustrasi diagram gambar

KOMPAS.com - Dalam ilmu statistika ada banyak bentuk penyajian gambar, misalnya diagram batang, diagram garis, diagram diagram venn, dan diagram gambar.

Dilansir dari Online Math and Coding Classes, diagram gambar atau piktogram adalah representasi data menggunakan gambar atau simbol.

Jika diagram batang menggunakan kolom-kolom untuk menunjukkan suatu data. Maka diagram gambar menggunakan gambar-gambar untuk menyimbolkan suatu data.

Diagram gambar adalah bentuk penyajian data yang sederhana dan mudah dipahami.

Tujuan diagram gambar

Tujuan menggunakan diagram gambar adalah untuk menyajikan data dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami.

Baca juga: Diagram Garis: Pengertian, Cara Membuat dan Membacanya

Dilansir dari Venngage, diagram gambar dapat digunakan untuk memvisualisasikan data pecahan atau presentase menjadi lebih menarik, mudah dipahami, dan mudah diingat.

Contoh diagram gambar

Misalkan ada sebuah data tentang jumlah orang yang bisa mengakses air bersih di dunia. Menurut laporan dari World Health Organization, 1,8 miliar orang di dunia telah memiliki akses air bersih sedangan 785 juta orang lainnya kekurangan akses tersebut sehingga terpaksa meminum air permukaan yang belum diolah.

758 juta manusia setara 1 banding 10 total populasi manusia. Sehingga dapat disimpulka bahwa 1 dari 10 manusia di dunia tidak mendapatkan akses air bersih.

Data tersebut kemudian dapat disajikan dalam bentuk diagram gambar sebagai berikut:

Diagram gambar data akses air bersihKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Diagram gambar data akses air bersih

Dari gambar tersebut terlihat data yang diwakilkan oleh simbol tetesan air. 10 simbol tetesan air mewakili 10 manusia atau total populasi manusia si bumi. Dari kesepuluh simbol air tersebut , terdapat satu simbol air berwarna hitam dan juga 9 simbol air berwana putih.

Baca juga: Diagram Batang: Pengertian, Tujuan, Contoh dan Cara Membacanya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.