Kompas.com - 07/06/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi menulis tema puisi freepik.com/andreycherkasovIlustrasi menulis tema puisi

KOMPAS.comPuisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang dibuat untuk menyampaikan pemikiran dan perasaan pembuatnya. Puisi berisikan diksi, irama, rima dan majas yang membuat karya sastra ini semakin indah.

Menurut Putu Sudarma dalam buku Mengupas Puisi (2019), saat membuat puisi, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menentukan tema puisi. Karena dengan menentukan tema, penulisan puisi dapat lebih terarah.

Tema puisi adalah gagasan atau ide pokok yang menjadi dasar puisi untuk disampaikan oleh penulis. Dalam buku Konsep Dasar Kesusastraan (2018) karya Rian Damariswara, tema puisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Tema ketuhanan atau religius

Tema puisi ini mampu membawa manusia, khususnya pembaca, untuk lebih takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam penulisan puisi dengan tema ini, diksi, irama, rima serta majas yang digunakan harus sesuai dengan nilai religius atau ketuhanan. Contohnya puisi 'Doa', oleh Chairil Anwar.

Baca juga: Puisi Elegi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

  • Tema kemanusiaan

Tema puisi ini biasanya mengangkat serta menghormati martabat manusia. Karena harkat dan martabat manusia harus senantiasa dijunjung tinggi dan dihormati. Contohnya puisi 'Gadis Peminta-minta', karya Toto Sudarto Bachtiar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Tema patriotisme

Tema puisi ini mengajak pembaca untuk mengenang serta menghargai jasa para pahlawan. Selain itu, puisi tema patriotisme juga mengajak pembaca untuk meneladani sikap kepahlawanan atau patriotisme dari para pejuang. Contohnya puisi 'Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini', oleh Taufik Ismail.

  • Tema percintaan

Tema puisi ini biasanya mengekspresikan kisah percintaan antara pria dan perempuan. Kisah yang dibawakan dalam puisi tema percintaan tidak selalu yang bahagia, karena ada pula yang mengekspresikan rasa cemburu, khawatir, kehilangan dan kerinduan. Contohnya puisi 'Surat Cinta', karya WS Rendra.

  • Tema demokrasi

Tema puisi ini mengandung ungkapan jika rakyat juga memiliki kekuasaan di sebuah negara. Tema ini sering juga disebut tema kerakyatan, karena membahas peranan rakyat dalam sebuah negara. Contohnya puisi 'Rakyat' oleh Hartoyo Andang Jaya. 

Baca juga: Contoh Puisi dan Unsur Pembangunnya


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X