Kompas.com - 03/06/2021, 09:00 WIB
Di Candi Boko para mahasiswa tersebut menanam beragam jenis flora, antara lain 1,350 tanaman perdu dan semak berbunga meliputi Bugenvil, Tanjung, Merak, Soka, serta Kepel. Dok Djarum FoundationDi Candi Boko para mahasiswa tersebut menanam beragam jenis flora, antara lain 1,350 tanaman perdu dan semak berbunga meliputi Bugenvil, Tanjung, Merak, Soka, serta Kepel.

KOMPAS.com - Kerja bakti adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja bakti adalah salah satu perwujudan nilai gotong royong yang terkandung dalam ideology Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Dilansir dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan republik Indonesia, gotong royong berasal dari kata “gotong” yang berarti pikul atau angkat dan kata “royong” yang berarti bersama-sama.

Sehingga gotong royong berarti memikul bersama-sama, dan kerja bakti dapat diartikan melakukan pekerjaan bersama-sama sebagai bentuk bakti dalam masyarakat.

Baca juga: Cara-Cara Menjaga Alam

Berikut adalah contoh kerja bakti untuk pelestarian lingkungan!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kerja bakti membersihkan lingkungan rumah

Kerja bakti membersihkan lingkungan rumah biasanya dilakukan dalam lingkup rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Kerja bakti tersebut dilakukan oleh semua warga dalam lingkup RT dan RW yang bertujuan untuk mencapai lingkungan hidup yang bersih dan asri.

Kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mencakup menyapu jalan, membersihkan gorong-gorong, membersihkan selokan, sungai, dan air yang menggenang, membersihkan halaman rumah, menanam tumbuhan di lingkungan sekitar, dan membersihkan seluruh sampah di lingkungan tersebut.

Seluruh warga juga harus bekerja sama untuk tidak membuang sampah secara sembarangan agar kebersihan dan keasrian lingkungan terjaga. 

Baca juga: Upaya Pelestarian Lingkungan Perairan

  • Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah

Kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan agar sekolah bersih, sehat, dan nyaman untuk belajar dengan kondusif. Kerja bakti di lingkungan sekolah dilakukan oleh semua warga dan pengurus sekolah dari mulai guru, staff, hingga seluruh murid.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X