Kompas.com - 31/05/2021, 12:44 WIB
Ilustrasi sumber energi freepik.com/macrovectorIlustrasi sumber energi

KOMPAS.com - Setiap harinya manusia membutuhkan sumber energi untuk melakukan aktivitasnya. Contoh air untuk mandi dan memasak, bensin untuk menjalankan kendaraan, listrik untuk menggunakan peralatan elektronik, dan lain sebagainya.

Namun, sumber energi jika terus digunakan secara tidak terkendali dan tanpa pelestarian, maka suatu saat nanti sumber energi tersebut akan habis.

Lalu, apa yang dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?

Melansir dari situs Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, salah satu cara yang dianggap paling tepat untuk mengatasi habisnya sumber energi ialah dengan menggunakan sumber energi terbarukan yang tidak akan habis.

Baca juga: Sumber-Sumber Energi Panas

Sumber energi terbarukan terbuat dari sumber daya alam yang tidak terbatas atau tidak akan pernah habis. Sumber energi ini terbuat melalui proses alam. Contoh sumber energi terbarukan di antaranya sinar matahari, ombak, angin dan air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menciptakan sumber energi terbarukan, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Karena memerlukan riset jangka panjang dan harus dipersiapkan secara matang.

Oleh karena itu, jika sumber energi terbarukan belum ada, maka sumber energi alternatif bisa menjadi solusi lainnya.

Mengutip dari buku Energi Alternatif (2007) karya Komunitas Dian Aksara, sumber energi alternatif merujuk pada sumber energi yang bisa digunakan untuk menggantikan sumber energi yang akan habis.

Sebenarnya sumber energi terbarukan masuk dalam sumber energi alternatif. Karena sumber energi terbarukan juga digunakan untuk menggantikan sumber energi yang akan habis.

Baca juga: Sumber Energi Pasang Surut Air Laut

Contoh sumber energi alternatif ialah biomassa atau biodisel. Biomassa berasal dari sampah pertanian atau perkotaan. Sumber energi ini sering digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Contoh lainnya ialah tenaga angin, tenaga air serta tenaga surya.

Kesimpulannya, hal yang harus dilakukan jika sumber energi habis ialah dengan menggunakan sumber energi altenatif sambil mempersiapkan energi terbarukan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X