Kompas.com - 29/05/2021, 15:58 WIB
Shima Enaga pinterest.com/zeytouna Shima Enaga

KOMPAS.com - Burung merupakan salah satu jenis hewan yang sangat beragam. Ada yang terlihat gagah dengan sayap dan cakarnya seperti Elang, ada yang berwarna indah seperti Flamingo dan Cendrawasih, ada yang memiliki kebiasaan mematuk seperti burung Pelatuk.

Namun burung yang satu ini akan membuat gemas, karena penampilannya yang mirip seperti bola kapas terbang!

Perkenalkan si mungil ini bernama Shima Enaga, ia berasal dari perfektur terbesar di Jepang yaitu Hokkaido. Shima Enaga merupakan sub spesies burung gelatik berekor panjang dengan nama latin Aegithalos caudatus.

Dilansir dari Blain Harasyimiw Photography, Shima Enaga memiliki tubuh yang mungil dengan panjang 12 hingga 16 sentimeter dan ekor sepanjang 7 hingga 9 sentimeter.

Berat tubuhnya mungkin hanya mencapai 7 hingga 9 gram saja, membuatnya menjadi burung yang mungil.

Baca juga: Mengapa Paus Menyemburkan Air ke Udara?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Shima Enaga memiliki ciri khas bagian dadanya yang menuh dengan bulu. Bulu mereka seputih putih, tebal, dan halus, membuat mereka memliliki bentuk tubuh yang bulat seperti bola kapas.

Dilansir dari Earth Porm, shima enaga memiliki wajah berwarna putih dan dihiasi oleh alis berwarna coklat yang unik. Bulu mereka terlihat seperti beludru putih yang menyatu dengan warna salju Hokkaido.

Mereka memiliki dua buah mata kecil dan bulat berwarna hitam, serta paruh kecil segitiga yang juga berwarna hitam. Jika dilihat dari depan, paruh Shima Enaga terlihat seakan sedang tersenyum.

Wajah yang bulat, tubuh yang bulat, warna putih bersih, dan mata yang kecil membuat Shima Enaga mirip bola kapas mungil yang menggemaskan. 

Selain penampilan fisiknya yang menggemaskan, Shima enaga merupakan burung yang penyayang loh.

Baca juga: Hewan-Hewan Berwarna Pink

Dilansir dari Animal Diversity Web, mereka membesarkan anak kerabatnya yang telah meninggal dan membangun sayang nyaman yang empuk dari lumut, rambut, jaring laba-laba, dan bulu mereka sendiri.

Shima Enaga hidup dalam kelompok berjumlah sekitar 20 individu. Mereka akan terbang dan mencari makanan berupa serangga secara berkelompok. Saat malam tiba, mereka tetap berkelompok untuk mendapatkan kehangatan di tengah cuaca Hokkaido yang dingin.

Di negara asalnya, Shima Enaga sangatlah terkenal sebagai burung paling lucu dan paling menggemaskan di Jepang. Sehingga jangan aneh jika anda menemukan penggambaran Shima Enaga dalam bentuk boneka, gantungan kunci, kaus, hingga makanan.

Di Hokkaido sendiri bahkan terdapat tur foto untuk memotret kawanan burung Shima Enaga di habitat aslinya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X