Kompas.com - 29/05/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi surfing freepik.com/ alexeyzhilkinIlustrasi surfing

KOMPAS.com - Tsunami adalah ombak besar yang sangat kuat. Tidak seperti ombak-ombak lainnya, Tsunami tidak akan hanya menyapu pasir pantai.

Lebih jauh, Tsunami akan menyapu daerah pesisir pantai hingga berkilo-kilometer jauhnya. Jika Tsunami begitu kuat dan besar, bisakah kita berselancar di atasnya?

Tentunya akan menjadi pengalaman sangat luar biasa jika dibandingkan berselancar di ombak besar biasa.

Untuk dapat mengetahui jawabannya, terlebih dahulu kita harus mengenal Tsunami. Tsunami adalah nama dari bahasa Jepang yang artinya gelombang pelabuhan, karena muncul dipesisir pantai. Gelombang Tsunami sangat berbeda dengan ombak yang terbentuk karena embusan angin.

Dilansir dari Natural History Museum of Utah, Tsunami adalah serangkaian gelombang besar yang tercipta akibat gangguan bawah air seperti gempa bumi, longsor, erupsi vulkanik, atau jatuhnya meteor.

Baca juga: Adakah Perbedaan antara China dan Tiongkok?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari pusat gangguannya, gelombang Tsunami akan menjalar ke segala arah dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Dapatkah berselancar di atas gelombang Tsunami?

Jawabannya adalah tidak bisa. Tsunami bukanlah ombak biasa yang terbentuk di atas laut akibat tiupan angin. Tsunami adalah ledakan energi raksasa yang menggerakkan seluruh kolom air.

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, Tsunami tidak memiliki permukaan gelombang yang bersih untuk berselancar, melainkan gumpalan air putih yang bergejolak penuh dengan bebatuan dan karang.

Hal tesebut membuat papan selancar tidak memiliki permukaan ombak yang bisa dicengkram, sehingga tidak mungkin untuk stabil di atas permukaan gelombang Tsunami.

Gejolak ombak tersebut diciptakan oleh gelombang Tsunami yang saling susul menyusul menjadi ledakan energi yang sangat kuat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X