Kompas.com - 24/05/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi lagu daerah Jawa Timur KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi lagu daerah Jawa Timur

KOMPAS.com - Jawa Timur terdiri atas berbagai kota. Setiap wilayah di Jawa Timur memiliki lagu tradisional atau lagu daerahnya masing-masing.

Bahasa yang digunakan berasal dari wilayah tersebut dan umumnya menggunakan alat musik tradisional sebagai pengiringnya. Apa sajakah lagu daerah Jawa Timur?

Lindri

Dalam buku Kumpulan Terlengkap Lagu Daerah (2016) karya Tim Media Pusindo, Lindri merupakan salah satu lagu daerah khas Jawa Timur. Berikut lirik lagu Lindri:

Lindri adhang telung pithi lawuhe bothok teri
Ahitutul mak enet enet
Ahiemplok plok amak telep
Pacak gulu cingkring adhuh yayi sendhal pancing
Adhudhangkrek krek adhuh dhangkrek krek

Lindri termasuk dalam lagu permainan anak-anak Jawa Timur. Secara garis besar, lagu ini mengandung makna jika orang Jawa harus senantiasa mau menerima rezeki apa adanya, termasuk mensyukuri segala hal yang didapat.

Baca juga: 5 Lagu Daerah di Jawa Tengah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gai’ Bintang

Berikut lirik lagu Gai’ Bintang yang dilansir dari Tradisi Nyanyian Anak terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar (2017) karya M. Ridwan:

Gai’ bintang a le’ gaggar bulan
Pagai’na janor koneng
Kaka’ elang a le sajan jau
Pajauna e lon-alon
Liya lites, kembang ates, tocca’ toccer

Lirik lagu ini mengisahkan orang yang memiliki keinginan atau cita-cita tinggi, namun tidak berupaya keras untuk menggapainya.

Dalam lirik lagu ini, cita-cita dilambangkan dengan bintang. Seseorang berusaha menggapai bintang (cita-cita), namun hanya bulan yang didapat.

Artinya karena usaha yang kurang maksimal, seseorang tidak bisa mendapatkan keinginannya. Sebagai gantinya, orang tersebut justru mendapat hal lain yang bukan menjadi keinginan atau cita-citanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X